oleh

Bawaslu Gandeng Jurnalis Awasi Tahapan Pelaksanaan Pibup Sumenep

Pena Madura, Sumenep, 05 Desember 2020 – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur bersinergi dengan para jurnalis yang tergabung Komunitas Jurnalis Sumenep (KJS).

Kerjasama itu tidak lain untuk mewujudkan pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Sumenep, 9 Desember mendatang agar berkualitas dan berintegritas tentunya dengan meningkatkan pengawasan.

Untuk mewujudkan itu KJS dan Bawaslu Sumenep menggelar forum warga, berupa diskusi pengawasan tahapan Pilbup Sumenep, Jum’at (4/12/2020). Kegiatan itu digelar di Kantor KJS, Perum Sekar Agung Regenci Kav.46. Kolor, Kecamatan Kota Sumenep.

Dalam kesempatan itu Bawaslu meminta para jurnalis ikut andil dalam mengawal tahapan, pelaksanaan hingga pasca Pilbup Sumenep 2020 ini. Hadir dalam forum itu Komisioner Bawaslu Sumenep, Abd. Rahem.

Abd. Rahem mengatakan berbagai strategi pengawasan yang merupakan pokok tugasnya telah dilkukan oleh Bawaslu. Bahkan Bawaslu akan memberikan tindakan tegas sesuai aturan bila ditemukan pelanggaran dalam tahapan Pilbup Sumenep 2020.

Selain itu, peran serta para jurnalis dalam pengawasan juga sangat penting. Menurut Rahem, jurnalis merupakan pengawas independen yang akan menjadikan Pilbup semakin berintegritas.

“Kami berharap semua pihak termasuk para jurnalis di KJS agar ikut andil dalam membantu melakukan pengawasan proses pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumenep tahun ini,” Katanya

Rahem menjelaskan, jika Pilbup saat ini berbeda dengan sebelumnya karena dilaksanakan dimasa pandemi Covid-19. Oleh karena itu pengawasannya juga bertambah tidak hanya pelanggaran syarat dan tahapan pencalonan saja.

“Pada Pilbup ini pengawasan kami bertambah termasuk pelanggaran protokol kesehatan, berhubung pilkada kali ini berlangsung di tengah pandemi. Makanya kami membutuhkan bantuan dari teman-teman KJS dalam pengawasan,” terangnya.

Sementara Jurnalis Trans7 Sumenep,  Ahmad Rahman mengaku mengapresiasi upaya Bawaslu Sumenep untuk meningkatkan pengawasan Pilbup Sumenep. Menurutnya menggandeng para kuli tinta sangat tepat agar proses dan elaksanaan sesuai aturan.

“Kami mengapresiasi jemput bola dari Bawaslu Sumenep untuk bersinergi dengan para jurnalis dalam pengawasan Pilbup Sumenep ini, profesi kami memang salah satunya untuk itu,” jelasnya. (Emha/Man).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed