Klinik Pratama Ummi Peroleh Sertifikat Patuh Protokol Covid-19 dari BPJS Kesehatan

oleh
Klinik Pratama Ummi saat melayani pasien
banner 468x60

Pena Madura, Sumenep, 01 Februari 2021 – Selama tahun 2020, Klinik Pratama Ummi, Desa Padike, Kecamatan Talango, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur berhasil memperoleh beberapa penghargaan. Diantaranya penghargaan dan sertifikat dari BPJS Kesehatan Cabang Pamekasan.

Di tahun 2020, klinik kesehatan yang dipimpin Hj. Kusmawati ini mendapat penghargaan dari BPJS Kesehatan sebagai klinik yang paling berkomitmen dalam memberikan pelayanan terbaik dan berkualitas kepada masyarakat, utamanya bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan peserta Kartu Indonesia Sehat (KIS).

banner 336x280

Selain itu, klinik milik istri Herman Dali Kusuma, salah satu Anggota DPRD Sumenep ini juga mendapat sertifikat dari lembaga yang sama atas partisipasinya dalam memberi informasi dan mengedukasi masyarakat untuk mematuhi dan melaksanakan protokol Covid-19.

Ternyata, penghargaan ini tidak diperoleh secara ujuk-ujuk. Selama ini, Klinik Pratama Ummi memang berupaya memberikan pelayanan prima kepada seluruh pasien yang berobat maupun di rawat di klinik. Tak hanya pada pasien, keluarga pasien juga mendapat perhatian dan pelayanan yang baik.

“Dalam memberikan pelayanan kepada pasien kami memang berkomitmen untuk selalu meningkatkan mutu pelayanan kesehatan bagi masyarakat Talango pada khususnya, dan masyarakat Sumenep pada umumnya,” kata Kusmawati.

Soal sertifikat yang diperoleh dari BPJS Kesehatan, selama pandemi, Klinik Ummi memang sudah menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Semua petugas, pasien, dan pengunjung wajib memakai masker dan wajib cuci tangan sebelum masuk ke area klinik.

“Selain itu, petugas melakukan screening suhu tubuh kepada setiap pasien maupun pengunjung yang mau masuk area klinik. Petugas dan perawat kami lengkapi dengan APD selama pelayanan. Pasien dalam menunggu pelayanan harus jaga jarak. Semua area klinik dibersihkan menggunakan cairan disinfektan secara rutin,” jelasnya.

Ia menceritakan, sebelum berkembang menjadi klinik pratama pada tahun 2013, klinik yang berdiri sejak tahun 2004 ini merupakan bidan praktik swasta. Klinik tersebut berdiri di bawah naungan Yayasan Asri Husada Kusuma.

Kini dalam perkembangannya, masyarakat yang hendak berobat ke Klinik Pratama Ummi tak perlu risau karena kendala transportasi. Karena Klinik Ummi Pratama menyediakan fasilitas home car dan home visit, sehingga masyarakat bisa dilayani dengan cepat oleh perawat maupun dokter.

Lebih lanjut, Kusmawati mengatakan, pelayanan Klinik Ummi diantaranya yakni UGD dan ruang persalinan yang buka 24 jam, pemeriksaan umum, pemeriksaan gigi dan mulut, layanan KIA, KB, dan Imunisasi, laboratorium, rawat inap VIP kelas II dan Kelas III, hingga home car yang bisa membantu masyarakat yang terkendala transportasi sehingga bisa dilayani dengan cepat.

“Selain melayani pasien umum, kami juga melayani pasien peserta BPJS kesehatan,” ungkap Kepala Bidang Pencegahan, Pemberantasan, dan Pengendalian Penyakit Masalah Kesehatan Masyarakat, Dinkes Sumenep tersebut. (Emha/Man)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *