oleh

60 Pasang Sapi Meriahkan Kontes Sapi Sonok Visit Sumenep 2019

Pena Madura, Sumenep, 21 September 2019 – Kontes Sapi Sonok digelar Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, di Lapangan Parkir Timur Gor A. Yani Panglegur. 60 pasang sapi dari berbagai kecamatan di Sumenep ikut memeriahkan salah satu event dalam kalender Visit Sumenep 2019 itu.

Berbeda dengan kerapan sapi yang diadu ketangkasan dan kecepatan berlari, sapi sonok itu yang dinilai dari keindahan bentuk tubuh sapi dan gemulainya saat bejalan. Layaknya pengantin sapi yang arak didandani dengan berbagai hiasan untuk menambah seksinya sapi betina itu.

Kontes sapi sonok itu dibuka oleh Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi. Hadir pula Kepala Disparbudpora Sumenep beserta segenap kepala SKPD lain serta ribuan masyarakat pecinta dan peternak sapi. Seperti pagelaran sapi pada umumnya, puluhan grup musik saronen ikut tampil menambah meriahnya acara.

Dalam Sambutannya, Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi mengatakan, kontes sapi sonok itu merupakan upaya Pemkab Sumenep untuk mempromosikan periwisata. Dengan digelarnya sapi sonok diharapkan mampu menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke Sumenep.

“Sapi sonok masuk dalam kalender Visit Sumenep 2019. Ini salah satu kekayaan budaya kita yang menarik untuk bisa meningkatkan minat turis untuk datang ke Sumenep,” katanya. Sabtu (21/09/2019).

Menurut Fauzi, Pemkab Sumenep berkomitmen untuk terus melestarikan budaya sapi sonok karena bisa meningkatkan perekonimian masyarakat, khususnya peternak sapi. Bahkan pihaknya mengaku akan terus mempromosikan agar bisa diminati oleh warga luar madura.

“Kontes ini kental dengan budaya Madura. Jadi kita kedepan akan pupuk agar tetap lestari. Bahkan kedepan kita berencana setiap event sapi sonok akan melibatkan siswa agar timbul kecintaan pada budaya daerah,” tambahnya.

Fauzi berharap, Kontes Sapi Sonok Visit Sumenep itu bisa meningkatkan nilai jual sapi milik masyarakat. Tak lupa ia juga mengingatkan agar pada bulan Oktober masyarakat datang ke Sumenep. Pemkab Sumenep akan menggelar beberapa event kebudayaan bertaraf nasional pada peringatan hari jadi Sumenep ke 750. (Emha/Man)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

News Feed