Pena Madura, Sumenep, 31 Maret 2022 – Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, akan membuka seluruh destinasi wisata yang ada di Kota Keris. Rencana itu sebagai salah satu upaya menggenjot pertumbuhan ekonomi setelah lama diterpa pandemi Covid-19.

Selama dua tahunan terakhir ini keberadaan pariwisata di Sumenep mati suri sehingga berpengaruh pada perekonomian masyarakat. Oleh karena itu pasca Idul Fitri 1443 Hijriyah, seluruh destinasi wisata di Sumenep yang berjumlah 38 akan dibuka.

Bupati Sumenep, Achmad Fauzi menjelaskan pihaknya sudah memanggil Dinas Pariwisata Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) agar segera berkoordinasi dengan para pengelola destinasi wisata.

“Segera, setelah Idul Fitri destinasi wisata dibuka saja tapi harus denga protokol kesehatan,” katanya, Kamis (31/3/2022).

Rencana pembukaan seluruh destinasi wisata di Sumenep, menurut Bupati Fauzi bukan tanpa alasan. Pertama, pengendalian Covid-19 di Kabupaten Sumenep cukup baik, bahkan terbaik nomor dua di Jawa Timur.

Kedua, dengan dibukanya pariwisata pihaknya yakin akan mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi di kabupaten paling timur Pulau Madura.

“Jika pariwisata dibuka maka akan banyak wisatawan yang datang. Perputaran uang akan terjadi karena wisatawan pasti belanja dan menginap. Itu secara otomatis akan berpengaruh pada semuanya,” tutur suami Nia Kurnia itu.

Orang nomor satu dilingkungan Pemkab Sumenep itu melanjutkan, dampak positif pembukaan pariwisata pasti akan dirasakan masyarakat Sumenep. Ujungnya akan berpengaruh pada pendapatan perkapita dan angka kemiskinan.

“Ini waktunya, saat ini pertumbuhan ekonomi kita mulai naik diangka 2,6 persen. Sebelumnya sempat terkintraksi di minus 0,14 persen. Ini yang menjadikwn kita optimis,” tambahnya

Jika rencana itu terlaksana dengan baik, Bupati Fauzi yakin Kabupaten Sumenep kedepan akan semakin baik. Pertumbuhan ekonomi akan naik, angka kemiskinan akan turun, pengangguran terbuka akan baik dan pastinya Indeks Pembangunan Manusia (IPM) akan baik.

Kabupaten Sumenep sendiri menyimpan pesona yang menarik bagi para wisatawan. Selain wisata alam eksotis, Kota Keris itu juga menyimpan banyak wisata budaya dan religi. Bahkan, di Kabupaten Sumenep terdapat potensi wisata kesehatan Pulau Gili Iyang. Pulau itu memiliki kualitas udara terbaik nomor dua di dunia. (Emha/Man).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed