oleh

FKUB Pamekasan Komitmen Dukung Konservasi Alam dan Wirausaha Baru

Pena Madura, Pamekasan, 31 Maret 2022 – Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, berkomitmen mendukung kegiatan konservasi alan dan wirausaha baru.

Sebagai suatu wadah yang menggandeng berbagai elemen masyarakat dalam satu organisasi besar tentu memiliki tujuan untuk mendukung gerakan pembaruan dan pembangunan berkemajuan yang merata.

FKUB bertekad untuk berperan aktif untuk itu, hingga ke jajaran pengurus di kecamatan kecamatan se Bumi Gerbang Salam.

Hal ini disampaikan secara gamblang oleh Sapto Wahyono, Sekretaris FKUB Kabupaten Pamekasan dalam acara silaturahmi Forum FKUB se Pamekasan. Tepatnya, diharap puluhan peserta di aula samping Komplek Pendopo Wakil Bupati Pamekasan, Jalan Jokotole, Kamis pagi.

Menurut Sapto selama ini gerakan FKUB Kabupaten Pamekasan memang fokus pada menjalin komunikasi dan silaturahmi serta menjaga kerukunan umat beragama di Bumi Gerbang Salam. Baik antara para pemeluk agama Islam dengan penganut agama lain dalam bingkai berbangsa dan bernegara dengan nuansa religius.

“Nah sekarang sudah saatnya FKUB Kabupaten Pamekasan bergerak lebih luas lagi dalam berperan di masyarakat. Baik dalam pembangunan akhlak, pembangunan Ekonomi kerakyatan maupun pembangunan kehutanan,” ujarnya Kamis pagi.

Karena itu, sudah sepatutnya jika dikesempatan berbahagia itu FKUB akan kuatkan kolaborasi teknis dengan OPD terkait di pemerintahan daerah setempat. Baik dalam pendampingan perijinan Wira usaha baru hingga desa maupun gerakan menanam para anggota di berbagai pelosok.

Sementara itu, perwakilan CDK Wilayah Sumenep, melalui Kasi RLPM A. Katri Atmodjo merasa bangga dan apresiatif terhadap tekad bersama jajaran FKUB untuk berperan dalam pembangunan kehutanan. Sebab secara utuh gerakan kehutanan ini harus melibatkan berbagai elemen masyarakat, tak hanya dari pemerintah daerah saja.

Tak ayal jika dikesempatan itu juga, pihak CDK Wilayah Sumenep secara simbolis menyerahkan bantuan ratusan bibit pohon untuk gerakan keumatan itu. Sebab berjalan secara swadaya, berbasis konservasi dan rehabilitasi lahan di Bumi Gerbang Salam.

“Alhamdulillah, dengan adanya gerakan dari FKUB Kabupaten Pamekasan dipastikan dalam mencapai tujuan pembangunan kehutanan di Madura akan lebih efektif dan bagus. Karenanya kami akan tetap siapkan bantuan ratusan, bahkan ribuan bibit pohon lainnya setiap tahun, jika ada kegiatan serupa dari berbagai elemen masyarakat di Madura,” tuturnya.

Kedepannya, program penghijauan lingkungan akan semakin besar dan masif yang akan dilaksanakan oleh FKUB setempat. Teknisnya dalam bentuk rencana penanaman, tanaman kehutanan dan buah-buahan sebanyak 15.000 bibit akan disediakan oleh Cabdin Kehutanan Wil Sumenep dan disebar pada 13 Kecamatan se Bumi Gerbang Salam.

“Negara ini didirikan oleh Founding Father yg berlatar belakang Agama dan Suku berbeda.  Maka menjadi kewajiban bagi kita melalui Forum Kerukunan Umat Beragama ini supaya ikut merawat dan melestarikan alam lingkungan sebagai wujud rasa syukur kita atas karunia Tuhan Yang Maha Esa, ” kata Kasi RLPM tersebut. (Yud/Emha).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed