oleh

Dua Pusaka Keraton Sumenep Dikembalikan Disertai Penyerahan Hasil Bumi Desa Aeng tongtong

Pena Madura, Sumenep 09 September 2019 – Dua pusaka keraton Sumenep dikembalikan ke Musium Keraton setelah dilakukan penjamasan oleh para Empu keris Aeng Tongtong, Pengembalian dua pusaka diterima wakil Bupati Sumenep Achmad Fauzi.

Prosesi penyerahan kembali dua pusaka keraton Sumenep diiringi oleh ratusan warga Desa Aeng Tongtong Kecamatan Saronggi sambil membawa hasil bumi pertanian mereka, seperti gunungan sayur Labu, kacang panjang, tomat dan sejumlah hasil bumi lainnya, mereka berjalan kaki menuju pendopo keraton Sumenep.

“setelah dijamas dua pusaka keraton harus kami kembalikan dan sekaligus menyerahkan hasil bumi desa kami sebagai bukti kepatuhan kepada penguasa kami,” kata Sunamo, salah satu empu keris Aeng Tongtong Sumenep, Senin (09/09/2019).

Pengembalian dua pusaka keris keraton diterima langsung wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, yang disaksikan seluruh pejabat dilingkungan Pemerintah Kabupaten Sumenep.

Achmad Fauzi, menyampaikan terimakasih kepada para empu yang telah menggelar Jamasan pusaka keraton Sumenep dan pihaknya akan menyimpan kembali dua pusaka keraton tersebut ditempat semula di museum keraton Sumenep.

“saya terimakasih kepada para empu yang telah menjamas pusaka keraton sumenep dan akan kami simpan kembali ditempatnya,” kata Achma Fauzi, wakil Bupati Sumenep.

Menurut Fauzi, Benda-benda Pusaka warisan keraton Sumenep harus dirawat dan simpan dengan baik karena benda-benda pusaka tersebut memiliki nilai sejarah yang harus diketahui oleh generasi berikutnya.

“Benda-benda pusaka warisan keraton itu harus kita simpan dengan baik karena banyak mengandung sejarah penting untuk Sumenep,” jelas Wabup.

Sementara sejumlah hasil bumi yang diserahkan kepada Penguasa keraton atau Para pejabat Sumenep langsung diberikan kepada masyarakat yang ikut menyaksikan penyerahan dua puasaka keraton Sumenep untuk dinikmati bersama-sama.Man/Emha

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed