oleh

Wabup Sumenep, Jamasan Keris Pusaka Keraton Sumenep Harus Tetap Dilestarikan

Pena Madura, Sumenep 08 Sumenep 2019 – Pemerintah Kabupaten Sumenep bersama para sesepuh Aeng Tongtong Kecamatan Saronggi melakukan Penjamasan Pusaka leluhur dan Keraton Sumenep.
Penjamasan keris pusaka leluhur Aeng Tongtong dan Pusaka Keraton Sumenep digelar hari ini ahad (08/09) di Desa Aeng Tongtong Kecamatan Saronggi Kabupaten Sumenep.
Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, yang turut hadir beraharap kegiatan budaya jamasan keris pusaka leluhur Aeng Tongtong yang digelar setiap Bulan Syuro/ Muharram.
“Saya berharap kegiatanan budaya jamasan pusaka ini terus dijaga dan dilestarikan,” kata Achmad Fauzi, wakil Bupati Sumenep, Ahad (08/09/2019).
Jamasan Keris leluhur Aeng Tongtong dan Pusaka Keraton Sumenep tersebut merupakan budaya yang harus terus dilstarikan oleh generasi penerus Aeng Tongtong agar keris sebagi warisan leluhur tetap terjaga dengan baik.

“Kita sebagai generasi penerus harus tetap melestarikan budaya kamasan ini sebagai warisan dari leluhur,” terang Fauzi.
Ada sembilan keris pusaka yang dilakukan Jamasan, tujuh pusaka milik leluhur Aeng Tongtong dan dua Pusaka Keraton Sumenep.
Setelah Selesai dilakukan Jamasan dua pusaka keraton akan dikirap dan dikembalikan ke Keraton Sumenep diserahkan kepada Ahli Waris Keraton atau Bupati Sumenep.Man/Emha

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed