Tiga Kuliner Khas Sumenep Direkomendasikan jadi WBTB

oleh
Tiga Kuliner Khas Sumenep Direkomendasikan jadi WBTB
banner 468x60

Pena Madura, Sumenep 28 Oktober 2022 – Tiga kuliner khas Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, yakni Campor Mentho dan Lopes direkomendasikan menjadi Warisan Budaya Tak Benda oleh Komunitas Jurnalis Sumenep (KJS).

Keseriusan para jurnalis itu dibuktikan dengan menggelar Festival Kuliner Etnik Pelangi di Sumenep pada Minggu, 23 Oktober 2022 lalu agar ketiga kuliner tersebut dikreasi ulang untuk naik kelas.

banner 336x280

Dalam Festival Kuliner Etnik itu 54 stand yang diikuti ibu-ibu PKK dan Bhayangkari se Kabupaten Sumenep sengaja mengkreasikan tiga menu kuliner khas itu. Tujuannya agar Campor, Mentho dan Lopes yang mulai sulit ditemui itu kembali digandrungi masyarakat.

Ditangan ibu-ibu PKK dan Bhayangkari ketiga kuliner khas sumenep tersebut menjadi lebih menarik dan menggugah selera. Bahkan chef profesional seperti Chef budi Susanto terlihat menikmati sajian tiga menu khas kota keris saat melakukan penjurian.

Salah satu peserta Festival Kuliner Etnik dari Bhayangkari, Ina Ratman mengaku antusias mengkreasi tiga kuliner Sumenep itu. Ia senang dilibatkan untuk mengenalkan kembali kuliner yang mulai sulit dijumpai itu.

“Dalam festival ini kami sangat antusias menyajikan tiga menu menjadi lebih menarik. Kami senang bisa berbuat untuk Kabupaten Sumenep,” katanya.

Perlu diketahui, pada momentum Hari Jadi ke-753 Kabupaten Sumenep, para jurnalis di KJS menggelar kegiatan Pelangi di Sumenep. Didalamnya terdapat Festival Busana Etnik, Festival Kuliner Etnik dan Lomba Fotografi dimana keseluruhan diikuti ratusan peserta. (Emha/Man)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *