oleh

PDI Perjuangan dan Said Abdullah Institute Gelar Operasi Mata Gratis Ratusan Warga Sumenep

Pena Madura, Sumenep, 14 Agustus 2022 – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, bersama Said Abdullah Institute (SAI) menggelar operasi mata gratis kepada ratusan warga.

Kegiatan sosial itu digelar di Kantor DPC PDIP Sumenep, Jalan Lingkar Barat Desa Babbalan, Kecamatan Batuan, Ahad, 14 Agustus 2022. Operasi Mata Gratis itu dibuka langsung oleh Ketua DPP PDIP Bidang Perekonomian, MH Said Abdullah yang sakaligus pembina SAI.

Hadir pula dalam acara itu Khalida Ayu Winarti istri dari MH Said Abdullah, Ketua DPC PDIP Sumenep Achmad Fauzi serta anggota DPRD Sumenep Dapil I Nia Kurnia. Terlihat pula Kepala Dinkes Sumenep serta Direktur RSUD Dr. H. Moh. Anwar Sumenep.

Ketua DPC PDIP Sumenep, Achmad Fauzi menerangkan, operasi mata gratis itu merupakan salah satu programnya untuk membantu masyarakat yang memiliki masalah kesehatan. Pesertanya berasal dari seluruh penjuru Sumenep yang sebelumnya diseleksi.

“Dari 796 yang mendaftar setelah diperiksa yang layak dioperasi sebanyak hanya sebanyak 386 orang. Ini bagian dari cara pengabdian DPC PDI Perjuangan kepada masyarakat Sumenep,” katanya, Ahad (14/8/2022) siang.

Pria yang menjabat Bupati Sumenep itu melanjutkan, kegiatan tersebut tidak lain sebagai upaya meringankan beban masyarakat yang menderita penyakit mata khususnya katarak.

“Karena banyaknya peserta kegiatan ini akan berlangsung selama tiga hari ke depan dan semuanya gratis,” tambahnya.

Sementara MH Said Abdullah, usai melakukan pemantauan kegiatan mengatakan, operasi mata gratis itu bagian dari cara PDIP meringankan beban pemerintah daerah.

“Tidak bisa urusan kesehatan masyarakat itu semuanya ditangani tunggal oleh institusi pemerintah. Maka kita semua harus bergotong royong membantu,” tuturnya kepada media.

Ketua Badan Anggaran DPR RI itu melanjutkan, aksi sosial operasi mata gratis tersebut direncanakan berkelanjutan setiap tahun. Tak hanya itu dirinya juga menyiapkan bantuan obat-obatan yang dibutuhkan masyarakat setiap tiga bulan sekali.

“Ini akan berlanjut setiap tahun apalagi kami sedang membangun rumah sakit De Baghraf yang kualiatasnya bertaraf internasional. Saat ini pembangunannya sudah 40 persen,” lanjutnya.

Selain bekerjasama dengan Said Abdullah Institute atau SAI, operasi mata gratis (katarak dan lensa) yang digelar DPC PDIP Sumenep itu juga bekerjasama dengan Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (PERDAMI). Dokter yang akan menangani yakni sebanyak 10 orang berasal dari Surabaya.

Sementara untuk peserta yang ikut berasal dari berbagai kecamatan di Sumenep baik daratan maupun kepulauan. Selain mendapatkan operasi katarak nantinya peserta juga akan diberikan lensa gratis lengkap dengan biaya transportasinya. (Emha/Man).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed