oleh

Enam Rumah Ibadah di Bali Dapatkan Bantuan Jelang R20

Pena Madura, Nasional, 1 November 2022 – Sebagai bagian dari rangkaian agenda G20 Religion Forum (R20), enam rumah ibadah di Bali mendapat bantuan berupa uang tunai. Penyerahan bantuan dilakukan Zannuba Arifa Chafsoh atau akrab disapa Yenny Wahid di halaman dalam Pura Jagatnatha kawasan Puja Mandala Nusa Dua, Bali, Selasa (1/11/2022), sehari jelang pembukaan R20.

Enam tempat ibadah yang mendapat bantuan adalah Pura Jagatnatha Puja Mandala, Mushala An-Nahdlah, Gereja Protestan Prebiteri Indonesia Jemaat Knowon, Mushala Al-Hidayah Kampung Lebah, Pura Agung Jagatnatha Denpasar, dan Masjid Nurul Huda. Keenam tempat ibadah tersebut masing-masing menerima bantuan sebesar Rp50.000.000.

Yenny yang mengaku mewakili Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf itu mengatakan, R20 digelar untuk mendorong agama-agama di dunia untuk turut menjadi solusi bagi problem dunia. Salah satu simbolnya adalah dengan memberikan bantuan lintas agama seperti ini.

Timbulnya konflik berbasis agama, menurut Yenny, karena adanya umat dari agama yang terlalu bersemangat menghadirkan Tuhan, tetapi caranya terlalu berlebihan, sehingga terjadi perpecahan karena mengklaim yang paling benar dan yang lain salah.

“Padahal agamanya sendiri enggak ada masalah, karena semua agama mengajarkan kebaikan,” jelas Yenny.

Yenny pun melanjutkan, agama yang dulu dianggap menjadi perpecahan, ke depan harus menjadi solusi, harus menjadi kekuatan yang bisa mendorong masyarakat untuk bisa mengayomi sesama manusia.

“Kalau kami sejak awal sudah didoktrin bahwa Islam rahmatan lil ‘alamin, rahmat untuk alam semesta. Jadi kami yang Islam enggak boleh hidup untuk dirinya sendiri, tapi dia harus mampu menjadi pengayom untuk seluruh makhluk Tuhan,” jelasnya.

Hadir mendampingi Yenny Wahid, salah satu panitia R20 Rumadi Ahmad, Ketua PWNU Bali H Abdul Aziz, dan Ketua PW GP Ansor Bali H. Yunus Niam.

R20 dihelat di Bali, 2-3 November 2022 dan akan dihadiri lebih dari 400 undangan dari dalam dan luar negeri. Mereka adalah para pemimpin agama, sekte, dan aliran kepercayaan dari berbagai negara dengan jutaan pengikut.

Selasa (1/10/2022) ini, para peserta sudah ramai berdatangan di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali yang menjadi pusat acara. Bahkan, beberapa dari mereka tiba di Pulau Dewata sejak tiga hari sebelum acara. (Red/Man)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed