oleh

UNIBA Madura Kirim Dua Mahasiswa ke Inggris untuk Presentasi Penelitian Tingkat Dunia

Pena Madura, Sumenep, 04 Nopember 2019 Universitas Bahaudin Mudhary Madura (UNIBA), yang terletak di Kecamatan Batuan, Sumenep, Madura, Jawa Timur, akan mengirim dua mahasiswanya untuk melakukan presentasi penelitian tingkat internasional ke inggris. Keberangkatan kedua mahasiswa itu merupakan wujud dari komitmen Achsanul Qosasi, selaku Ketua Yayasan untuk memajukan Madura melalui pendidikan.

Dua mahasiswa beruntung itu yakni Adji Nurwahyudin dari program studi Manajemen dan Shantyumi Sasmita dari program studi Akuntansi. Keduanya akan mempresentasikan hasil riset tingkat dunia dalam forum Asian Leadhership Forum di University of Nottingham, UK, pada tanggal 8 November 2019 mendatang. University of Nottingham, UK sendiri universitas swasta berbasis riset yang berada di East Midlands in England.

Keberaangkatan kedua mahasiswa itu direncanakan akan didampingi oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik, Agung Purnomo. Adji dan Shantyumi akan memaparkan hasil penelitian mereka terkait pemetaan, status dan tren penelitian dunia menggunakan metode scientometric atau bibliometric.

Saat memberikan pernyataan kepada awak media di kampus dengan jargon Tera’ Ta’ a-Dhemar pada Senin (04/11/2019) itu, Adji mengaku fokus pada bidang Organizational Culture  atau Budaya berorganisasi dengan judul presentasi “Organizational Culture Research Positioning: a Scientometric Overvew”. Dalam penelitiannya Adji melakukan data mining dari database Scopus dengan menggunakan 3.394 dokumen dari data penelitian dari tahun 1969 hingga Oktober 2019 dari seluruh dunia.

Sementara Shantyumi memilih topik Student Enterpreneur atau Wirausaha Pelajar, degan judul presentasi “Student Enterpreneur: a 41-Year Publication Mapping of Bibliometric”. Pada penelitiannya itu Shantyumi juga menggunakan data penelitian dari seluruh dunia dengan memakai 132 dokumen data penelitian dari tahun 1979 hingga Oktober 2019. Dalam proses penelitiannya itu, mereka dibimbing oleh Dosen UNIBA mulai dari Agung Purnomo, Alvin Arifin dan Ach. Zuhri.

“Kami yakin nanti saat di Inggris bisa menyajikan presentasi yang terbaik. Untuk menuju itu kami sudah mempersiapkan segala sesuatunya baik penguasaan materi maupun kefasihan dalam berbahasa inggris,” kata Shantyumi dihadapan media.

Lain halnya dengan Adji yang mengaku tidak menyangka dan tidak pernah terbayangkan akan berangkat ke Inggris. Ia mengucapkan banyak terima kasih kepada keluarga besar kampus UNIBA yang telah mendukung penelitiannya hingga layak dipresentasikan di forum dunia.

“Kami mohon do’anya agar nanti kami lancar dalam presentasi sehingga bisa membawa harum nama Madura dan Indonesia ditingkat internasional,” tutur Adji.

Sementara Wakil Rektor I Bidang Akademik UNIBA, Agung Purnomo menjelaskan, selama di Inggris kedua mahasiswa itu juga akan melakukan kunjungan akademik dan persahabatan ke beberapa perguruan tinggi dan pusat budaya pada tanggal 9 hingga 11 November.

“Nanti kami juga didampingi oleh Persatuan Pelajar Indonesia UK (PPI UK). Ini kami lakukan untuk memperluas jaringan akademik UNIBA Madura dengan perguruan tinggi, menggali ilmu pengetahuan dan teknologi, alam dan budaya di UK,” tutupnya. (Emha/Man).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed