Tuntut Biaya Wisuda diturunkan, Mahasiswa Unija Demo Bakar Toga di Depan Rektorat

oleh
banner 468x60

Penamadura, Sumenep 19 November 2020 – Menolak biaya wisuda karena dianggap terlalu mahal, ratusan mahasiswa berunjukrasa di depan kantor rektorat kampus Universitas Wiraraja Kabupaten Sumenep jawa timur, mahasiswa membakar toga dan menyegel kantor rektorat sebagai luapan  kekecewaannya.

Baya wisuda sebesar Rp.750.000 dinilai  sangat memberatkan mahasiswa ditengah pandemic, sehingga ratusan mahasiswa yang rencananya akan diwisuda pada 30 November nanti itu meluapak kekecewaannya dengan  membakar toga di depan pintu Kantor Rektorat.

banner 336x280

“Pembakaran toga ini  sebenarnya kesepakatan kawan-kawan bahwa kita menolak wisuda dengan biaya 750 dengan  system  during,” kata Junaidi, Korlap aksi, Kamis (19/11/2020).

Selain itu ratusan mahsiswa yang menggunakan almamater kampus itu meluapkan  kekecewaanya karena tuntutannya agar biaya wisuda di turunkan tak direspon  pihak kampus menyegel kantor Rektorat, karena  mahasiswa  menilai  pihak kampus tidak  penduli kondisi ekonomi para orang tua mereka ditengah pandemic saat ini.

“kita juga menyegel rektorat sebagai bukti ketidak percayaan kepada pimpinan yang  tidak bisa membuat kebijakan yang sangat tidak bijaksana dan tidak bisa melihat kondisi orang  tua kami,” terang Juanaidi.

Sementara itu pihak kampus memberikan hanya opsi bagi mahasiswa yang  tidak sanggup membayar dan mengikuti wisuda tahun ini, maka dipersilahkan mengikuti wisuda tahun berikutnya 2021 dengan  mencicil biaya wisuda.

“Bahwa wisuda tahun  ini tetap mengacu kepada surat edaran rektor tersebut tertanggal 13 November, yang kedua calon wisudawan/ti yang tidak mau mengikuti wisuda tahun ini  diperbolehkan mengikuti wisuda tahun berikutnya yaitu tahun 2021,” kata Mujib Hannan, Wakil rector 1.

Sebelumnya ratusan mahsiswa berorasi di jalan raya depan kampus dengan penjagaan ketat puluhan personel kepolisian dari Polres Sumenep, mahasiswa membentangkan sejumlah poster berisi tuntutan kepada pihak kampus.(Man/Emha)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *