oleh

Tingkatkan Minat Baca Siswa, Disdik Sumenep Rencanakan Perpustakaan Digital

Pena Madura, Sumenep, 23 Oktober 2019 – Guna meningkatkan minat baca bagi siswa di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sumenep berencana meluncurkan program Perpustakaan Digital.

Hal itu merupakan terobosan Disdik untuk digitalisasi metode pendidikan setelah sebelumnya ada program Digital School di sejumlah Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP), di kabupaten paking timur Pulau Madura itu.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep, Bambang Irianto menerangkan, Dalam Perpustakaan digital tersebut, nantinya koleksi bukunya sebagian besar dalam bentuk format digital dan yang bisa diakses dengan komputer atau smart phone.

“Dengan perpustakaan digital itu dipastikan siswa akan lebih mudah dalam mengakses lilteratur, bisa lewat komputer bisa juga dengan smartphone,” katanya. Rabu (23/10/2019).

Menurut Bambang, Berdasarkan hasil survey anak-anak pada jaman ini, tidak lepas dengan gadget dan dunia internet. Namun sebagian dari mereka kebanyakan memanfaatkan untuk bermain game dan media sosial, oleh karena itu untuk merubah pola tersebut, Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep akan meluncurkan Perpustakaan Digital.

“Secara nasional minat baca masih rendah, jadi semoga dengan Perpustakaan Digital yang kami luncurkan bisa menambah minat baca anak didik di Sumenep. Sebab, mereka tinggal buka bahan bacaan di Perpustakaan Digital,” jelasnya.

Upaya itu tidak lain dilakukan Disdik agar mutu pendidikan di Kabupaten Sumenep terus meningkat dengan cara menyesuaikan diri dengan era digital saat ini.

“Sudah menjadi tanggngjawab kami untuk meningkatkan mutu pendidikan Di Sumenep, maka kami terus membuat program baru seiring dengan perkembangan jaman,” tutupnya. (Emha/Man)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

News Feed