oleh

Sidak Tes Kepemimpinan, Komisi I Ingin Bacakades Berwawasan Kebangsaan

Pena Madura, Sumenep, 17 Juni 2021 – Komisi satu Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) ke lokasi tes kepemimpinan bakal calon kepala desa (Bacakades).

Tes kepemimpinan itu digelar Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumenep, di Islamic Center Bindara Saod, Batuan, Kamis (17/6/2021). Tes itu merupakan seleksi tambahan yang terdiri dari tes tulis dan wawancara bagi desa yang pendaftarnya lebih dari lima orang.

Pada kesempatan itu, para legislator komisi satu yang dipimpin ketua, Darul Hasyim Fath, memantau setiap ruangan yang menjadi tempat tes. Tak hanya itu, soal-soal tes tulis juga menjadi atensi untuk memelastikan terdapat pengetahuan wawasan kebangsaan.

Ketua Komisi Satu DPRD Sumenep, Darul Hasyim Fath menerangkan, sidak komisinya tidak lain untuk memastikan tahapan gelaran pilkades serentak benar-benar demokratis dan berkualitas.

“Kami ingin memastikan kualitas Pilkades ini tak hanya demokrasi standart, namun bobotnya demokrasi substansial. Makanya ini harus kita kawal bersama memastikan resesi kepemimpinan ditingkat desa berjalan baik,” katanya, Kamis (17/6/2021).

Selain itu, Pria yang akrab disapa Darul mengaku ingin memastikan pada tes itu terdapat pengetahuan wawasan kebangsaan. Itu tidak lain karena tidak ingin jangan sampai ada bacakades tak faham ideologi Bangsa Indonesia.

“Soal-soalnya sudah kita minta, akan kita bahas dan plenokan di komisi. Kami hanya ingin memastikan soal-soal tulis ada tentang haluan negara. Jangan sampai calon kepala desa tidak faham Ideologi negara dan UUD 45 karena qkan berdampak pada kebijakan jika terpilih nanti,” jelasnya.

Tes kepemimpinan bagi cakades itu digelar DPMD Sumenep sebagai penyaringan lanjutan bagi desa yang calinnya lebih dari lima orang. Pada pilkades serentak tahun 2021 ini ada 19 desa dengan jumlah cakades sebanyak 128 bacakades. (Emha/Man).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed