Meriahkan Hari Jadi, Bupati Sumenep Hadirkan Bonsai Seharga Miliaran di Bandara Trunojoyo

oleh
Bupati Sumenep, Achmad Fauzi saat menyematkan plat pada bonsai yang ditawar 2,5 miliar rupiah.
banner 468x60

Pena Madura, Sumenep, 24 Oktober 2021 – Meski saat ini masih dalam suasana pandemi Covid-19, momentum Hari Jadi Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur yang ke 752 tetap diperingati masyarakat Sumenep. Tak hanya pemerintah, berbagai komunitas tak ingin ketinggalan memeriahkan hari ulang tahun Kota Keris ini.

Salah satunya yakni Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) yang menggelar Kontes Bonsai Nasional. Sesuai arahan Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, kegiatan tersebut sukses menghadirkan ratusan bonsai cantik seharga miliaran rupiah.

banner 336x280

Kontes bonsai itu, dibuka langsung oleh Bupati Achmad Fauzi, di halaman selatan Bandara Trunojoyo Kelas III terminal II. Minggu, 25 Oktober 2021 pagi. Pada kesmpatan itu, Bupati Fauzi sempat memasangkan plat kepada bonsai yang ditawar 2,5 miliar rupiah, milik warga Sumenep.

Bupati Fauzi mengatakan, potensi bonsai di Kabupaten Sumenep sangat menjanjikan, bahkan Sumenep mempunyai jenis khusus cemara udang. Namun karena pandemi ini minat masyarajat menurun sehingga perlu dibangkitkan lagi.

“Jadi memang saya melihat potensi bonsai di Sumenep ini sangat menjanjikan, dan pada saat ini memang agak lesu beberapa tahun terakhir. Saya melihat ini harus kita eksplor kembali. Makanya saat teman-teman PPBI ingin ada pameran bonsai, saya memberanikan diri untuk direncanakan,” katanya, Minggu (24/10/2021).

Bupati meminta agar kontes tersebut harus ada kelas khusus dari bonsai cemara udang. Hal itu agar potensi yang dimiliki Sumenep harus dilestarikan bersama. Tak hanya itu, lokasi kontes bonsai nasional itu sengaja ditempatkan di Bandara Trunojoyo Sumenep untuk memberikan pesan jika Sumenep bisa ditempuh dengan transportasi udara.

“Saya berharap dan ingin menyampaikan pada peserta kontes bonsai bahwa Sumenep memiliki Bandara. Jadi jika ada pagelaran ini di tahun berikutnya, paling tidak pemilik-pemilik bonsai ini bisa naik pesawat, baik dari Palembang, Lampung, Serang, Jawa Barat dan lainnya,” ajaknya.

Kontes bonsai ini akan digelar dari tanggal 21 hingga 31 Oktober 2021 mendatang. Pesertanya, selain dari berbagai wilayah di Jawa Timur, juga berasal dari kota metropolitan Jakarta, Bali, Banyuwangi dan beberapa kota di Indonesia.

Ketua Pelaksana Kontes Bonsai Nasional 2021, Teguh Dini Efendi menjelaskan, setidaknya ada sebanyak 678 peserta. Ada beragam kelas yang dilombakan, mulai dari kelas bintang atau kelas utama dengan 30 kontestan, hingga kelas khusus bonsai cemara udang.

“Pecinta bonsai sangat antusias sekali datang ke Sumenep dengan adanya perayaan hari jadi Kota Sumenep yang ke 752 ini,” terangnya. (Emha/Man).

 

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *