Kasus DBD Meningkat, Dinkes Fogging Wilayah Kota Sumenep

oleh
banner 468x60

Pena Madura, Sumenep, 28 Desember 2021 – Memasuki pergantian musim kemarau ke musim hujan penyebaran Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur mulai meningkat.

Sepekan terakhir sedikitnga 10 kasus DBD dirawat di puskesmas dan rumah sakit. Dinas kesehatan bergerak cepat dengan melakukan fogging di daerah yang dinilai tinggi penyebaran DBD.

banner 336x280

Tiga pasien DBD sempat dirawat di Puskesmas Pandian, Kecamatan Kota Sumenep. Saat ini tinggal satu pasien bernama Dimas (17) warga Kecamatan Kota. Sementara dua pasien lainnya sudah diizinkan pulang karena kondisinya sudah membaik.

Melihat penyebaran penyakit DBD mulai meningkat, Dinas Kesehatan (Dinkea) Kabupaten Sumenep bergerak cepat dengan melakukan penyemprotan atau fogging ke rumah-rumah warga.

Ibu-ibu di Desa Kolor Kecamatan Kota mengaku khawatir dengan penyebaran DBD yang mulai meningkat. Apalagi penyakit ini rawan menjangkiti anak-anak.

“Gejalanya ya panas terus panas dingin. Itu kupingnya merah semua mulut dan lidahnya merah-merah begitu. Dua hari ini panas terus dibawa ke puskesmas karena khawatir,” kata Tatik, Selasa (24/12/2021).

Petugas fogging Dinkes Sumenep, Herman menjelaskan, pihaknya bergerak cepat melakukan upaya pencegahan penyebaran DBD, diantaranya dengan melakukan fogging ke rumah-rumah warga yang terdapat kasus demam berdarah.

“Kita dengan gerak cepat ini untuk mengantisipasi jangan sampai terjadi kejadian luar biasa,” terangnya.

Berdasarkan laporan yang masuk ke Dinkes Sumenep, di Desa Kolor dalam sepekan terakhir ada sepuluh pasien DBD dirawat di puskesmas dan rumah sakit.

“Untuk dusun ini tiga orang, di Perumahan Bumi Sumekar itu ada enam orang terkonfirmasi dan di Bapertarum itu satu. Jadi total untuk Desa Kolor ini ada sepuluh orang,” tuturnya.

Selain melakukan fogging, warga dihimbau agar selalu waspada dan rutin melakukan gerakan kebersihan di lingkungan masing-masing.

Mulai menguras, menutup dan mengubur tempat-tempat yang menjadi genangan air yang berpotensi menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk demam berdarah atau aides aigepty. (Emha/Man).

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *