oleh

Gubernur Khofifah Salurkan Bantuan Air Bersih Kepada Warga Terdampak Kekeringan di Kepulauan Sumenep

Pena Madura, Sumenep 05 November 2019 Kekeringan yang dialami beberapa daerah di Kepualuan Sumenep, Madura Jawa timur, mendapat respon Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa yang menyalurkan air bersih kepada warga terdampak kekeringan.

Gubernur Khofifah, mengatakan untuk penanganan kekeringan jangka panjang pihaknya sudah berkoordinasi dengan DPRD Jatim dan untuk saat ini bantuan air bersih diberikan untuk merespon kejadian kekeringan yang saat ini dialami warga di beberapa Pulau.

“Hari ini Alhamdulillah bisa support tapi sustainability bisa menjadi strategis jika jangka panjang kita siapkan, saya sudah bilang ke DPRD Jatim,” kata Khofifah Indar Parawansa di Pulau Sapudi, Sumenep, Selasa (05/11/2019).

Menanggapi bantuan air dari Gubernur Jatim tersebut, Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi mengaku mengapresiasi sekaligus berterima kasih atas keperdulian Ibu Gubernur. Menurutnya langkah taktis yang diambil gubernur memang sangat dinantikan warga di Kepulauan Sumenep.

“Kita Pemkab Sumenep sangat berterima kasih kepada Ibu Gubernur Khofifah, keperduliannya cukup tinggi kepada masyarakat Sumenep yang saat ini membutuhkan air karena kemarau panjang,” terangnya.

lebih lanjut, Wabup berharap kedepan akan ada program lanjutan dari Pemerintah Provinsi untuk penanganan kekeringan yang setiap tahun melanda Sumenep, khususnya di kepulauan.

“Kedepan kami berharap ada program lanjutan untuk penanganan kekeringan diwilayah kepulauan Sumenep. Misalnya nanti jika ada perahu tandon untuk masyarakat kepulauan akan sangat bermanfaat untuk penanganan kekeringan kedepan,” harapnya.

Kekeringan memang masih melanda sejumlah daerah khususnya beberapa kepulauan di Sumenep, meskipun dibeberapa daerah sudah hujan, sehingga Gubernur menyalurkan air bersih kepada warga.

Sementara itu bantuan air bersih tersebut diangkut dan didistribusikan menggunakan KRI Teluk Ende-517 dari jajaran Satuan Amfibi Koarmada dan Pangkalan Utama TNI AL V (Lantamal V) mengerahkan dua kapal TD Tambora dan TD Bromo mengangkut tongkang berisi 250 ton air bersih.

Sedangkan BPBD  Jatim membawa tiga mobil tangki air masing-masing membawa 5 ton air yang akan diberikan kepada warga di Pulau Sepudi.

Gubernur Jatim menyalurkan bantuan air bersih kepada warga kepulauan didampingi Panglima Komando Armada II Laksamana Muda TNI Herru Kusmanto, Wakil Ketua DPRD Iskandar, dan Wakil Bupati Sumenep Achmad Fauzi, air bersih yang disalurkan totalnya mencapai 750 ribu liter.[Man/Emha]

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed