oleh

Gempa Tektonik 4,5 SR Kembali Guncang Sumenep

Penamadura.com, Sumenep 03 April 2019 – Gempa Tektonik Magnetik 4,5 Kembali mengguncang Pulau Ra’as Kabupaten, Madura Jawa Timur. Saat gempa terjadi warga panik dan berhamburan keluar rumah.
Gempa yang terjadi pada Rabu, 3 April 2019 pukul 15:32:33 WIB, merupakan gempa ke-5 Sejak Gempa pertama hari selasa, 2 April 2019. Getaran gempa dirasakan cukup keras sehingga membuat warga berhamburan keluar rumah.
“Gempanya cukup keras terasa sekitar 5 detik,” kata Fauzi Muhfa (40), Warga Pulau Ra’as.
Saat ini warga banyak berada di luar rumah, bahkan mereka tidak berani tidur didalam rumah karena takut ada gempa susulan lagi, warga berharap Pemerintah segera memberikan bantuan tenda untuk ditempati warga terutama saat tidur di malam hari.
“warga membutuhkan bantuan tenda untuk ditempati terutama untuk tidur di malam hari,” terang Fauzi.
Berdasarkan rilis Bmkg bahwa gempa bumi ini berkekuatan M=4,5. Episenter terletak pada koordinat 7,17 LS dan 114,60 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 81 km Tenggara Sumenep, Jawa Timur pada kedalaman 10 km.
Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif.
Dampak gempabumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Raas II MMI. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami.
Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. sumber BMKG.Man/Emha

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed