oleh

Gandeng Dinas Perkebunan Provinsi, DKPP Sumenep Giatkan Penerapan Pengendalian Hama Terpadu

Pena Madura, Sumenep, 9 September 2022 – Kegiatan Penerapan Pengendalian Hama Terpadu (PHT) pada petani di Sumenep, Madura, Jawa Timur, terus dilakukan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKKP) Kabupaten Sumenep.

Kegiatan yang berlangsung di Desa Guluk-Guluk, Kecamatan Guluk-Guluk, pada Kamis , 1 September 2022 itu merupakan hasil kerjasama dengan Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Timur.

PHT itu merupakan suatu pendekatan tentang pengelolaan ekologi dan ekonomi yang mempertimbangkan lingkungan dan keberlanjutan.

Kepala DKPP Sumenep, Arif Firmanto mengungkapkan, bahwa ilmu yang dibekali kepada para petani dengan cara PHT terdiri dari 4 prinsip.

“4 prinsip itu diantaranya budidaya Tanaman Sehat, Pelestarian Musuh Alami, Pengamatan Rutin dan Petani Ahli Pengendalian Hama terpadu,” kata Arif mengungkapkan, Jumat (9/9/2022).

Pihaknya menjelaskan, jika materi lain yang disampaikan yaitu tentang praktek pembuatan pestisida nabati dari kunyit, tebu ireng dan daun mimba, serta pengaplikasian sex feromon pada lahan tanaman tembakau.

“Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, agar mampu melakukan pengendalian hama secara terpadu, agar supaya hasil tanam petani cukup memuaskan,” jelasnya.

“Diharapkan dengan dilaksanakannya kegiatan ini akan meningkatkan kemampuan petani selaku sumber daya manusia dalam melakukan Pengendalian Hama Terpadu (PHT) yang berwawasan lingkungan dan keberlanjutan, disisi lain juga diharapkan mampu meminimalisasi residu kimia dalam tanah dan tanaman,” kata Arif lebih lanjut.

Sekedar informasi, kegiatan ini dihadiri oleh anggota KWT merah delima dan perwakilan dari beberapa kelompok wanita tani lainnya yang terdiri dari 30 peserta. (Emha/Man)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed