oleh

Kapolres Sumenep Bekali Anggotanya dengan Basic Life Support (BLS)

Pena Madura, Sumenep – Guna meningkatkan kemampuan anggotanya yang bertugas di lapangan, Polres Sumenep menggelar pelatihan Basic Life Support (BLS).

Sering kali kejadian tak terduga terjadi dilapangan, sehingga petugas harus memiliki kemampuan untuk memberikan pertolongan cepat kepada korban, seperti korban kecelakaan, dan kejadian tak terduga lainnya.

Basic Life Support (BLS) merupakan sebuah pelatihan dasar agar setiap orang mampu melakukan Resuitasi Jantung Paru (RJP) sesegera mungkin saat menemukan seseorang yang mengalami musibah seperti serangan jantung sebelum menemukan bantuan medis.

Kapolres Sumenep AKBP Edo Satya Kentriko, mengatakan pelatihan Basic Life Support (BLS) bersama pelatih dari Rumah Sakit Bhayangkara Surabaya untuk memberikan pengetahuan bagi petugas lapangan.

“Nanti akan diberikan tehniknya bagaimana caranya menolong orang terkena serangan jantung, korban tenggelam, korban kecelakaan di jalan atau dimanapun,” kata Akbp. Edo Satya Kentriko, Selasa (22/11/2022).

Pelatihan Basic Life Support (BLS) ini diharapkan bisa memberikan bekal pengetahuan kepada personil Polri yang bertugas di lapangan dalam memberikan pertolongan pertama kepada korban kecelakaan yang ditemukan dilapangan.

Pelatihan dipandu langsung oleh Dokter Aulia Dewi, dari Rumah Sakit Bhayangkara Surabaya,ia mengatakan ada tiga perinsip utama dalam melakukan pertolongan; pertama amankan diri penolong, kedua amankan lingkungan dan ketiga amankan pasien.

“Langkah berikutnya tehnik Lihat, Dengar, Rasakan (LDR) untuk mengetahui lebih awal apakah korban tersebut masih bernafas atau tidak, selanjutnya perlu diberikan bantuan pernafasan serta permintaan bantuan pertolongan dari orang-orang di sekitarnya,” terangnya.(Man/Emha)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed