oleh

Smart Student Contest 2022, Cara Disdik Sumenep Motivasi Prestasi Siswa

Pena Madura, Sumenep, 23 November 2022 – Dinas Pendidikan (Disdik) kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, menggelar kegiatan Smart Student Contest (SSC) 2022. Kompetisi itu untuk memotivasi para siswa agar berprestasi.

Kegiatan itu sebagai salah satu upaya Disdik Sumenep untuk meningkatkan mutu pendidikan di Kota Keris. Cerdas cermat antar siswa tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) se Kabupaten Sumenep itu juga untuk menumbuhkan inovasi dan kreativitas para penyelenggara pendidikan.

Kegiatan SSC tahun 2022 itu mendapatkan antusiasme luar biasa karena selama dua tahun fakum akibat pandemi Covid-19. Terbukti pada putaran final diikuti 58 peserta. Mereka merupakan utusan SMP baik negeri maupun swasta se Kabupaten Sumenep.

Untuk laga grand finalnya digelar di Gedung Korpri, Jalan Dr. Cipto Desa Kolor, Kecamatan Kota Sumenep, Rabu, 23 November 2022. Tiga finalis yang berlaga yakni utusan dari SMPN 1 SUMENEP, SMPN 2 Saronggi dan SMPN 1 Arjasa.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep, Agus Dwi Saputra mengatakan, kegiatan Smart Student Contest itu dalam rangka memotivasi prestasi para siswa di Sumenep.

“Kami ingin para siswa terbangun sportivitas berkompetisi secara jujur, adil dan disiplin serta terdorong semangat belajar. Sehingga nantinya jika dibutuhkan untuk berkompetisi ditingkat yang lebih tinggi sudah siap,” katanya, Rabu (23/11/2022).

Mantan Kadisperindag itu menambahkan, dengan kompetisi itu diharapkan mampu memunculkan inovasi dan kreativitas penyelenggara pendidikan di Kabupaten Sumenep.

“Kami harap dengan ini guru lebih kreatif dan mampu berinovasi dalam mentransformasikan pengetahuannya pada siswa. Muaranya nanti akan berdampak pada meningkatnya mutu dan kualitas pendidikan,” tambahnya.

Selain itu, ia menginginkan ke depan budaya literasi bisa berkembang di sekolah-sekolah dan semangat serta kesadaran belajar bisa tumbuh pada masyarakat Sumenep.

Dalam ajang Smart Student Contest 2022 itu juara satu diraih oleh SMPN 1 Sumenep. Juara dua diraih SMPN 2 Saronggi dan juara tiga SMPN 1 Arjasa Pulau Kangean. Selain mendapatkan tropi, untuk memotivasi para juara, Disdik juga memberikan hadiah uang pembinaan. (Emha/Man)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed