PMM Kelompok 48 UMM Gelar Penyuluhan PHBS pada Santri

oleh
Mahasiswa saat memberikan penyuluhan 3M dan PHBS pada santri
banner 468x60

Pena Madura, Sumenep, 02 Februari 2021 – Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Univeritas Muhammadiyah Malang (UMM) Kelompok 48 gelombang 14, mengadakan penyuluhan tentang Covid-19 dan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) kepada santri SDI Nurul Bayan, Sumenep.

Melly Damara Chaniago, Mahasiswa Informatika UMM mengatakan, Di tengah pandemi ini para santri harus memiliki edukasi tentang bagaimana cara mencegah penyebaran virus agar tidak tertular.

banner 336x280

Dalam kegiatan ini, mahasiswa menyampaikan kepada santri tentang pentingnya menerapkan 3M sebangai bentuk pencegahan Covid-19. 3M yang dimaksud adalah mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak. Selama melakukan kegiatan PMM, para santri juga diwajibkan menerapkan 3M tersebut.

Penyuluhan itu juga dilengkapi dengan edukasi tentang perilaku hidup bersih dan sehat yang biasa disebut PHBS. PHBS adalah upaya untuk memberdayakan masyarakat agar tahu, mau dan mampu mempraktikkan perilaku hidup bersih dan sehat serta berperan aktif dalam gerakan kesehatan di lingkungannya.

“Salah satu bentuk dari perilaku hidup bersih dan sehat yang kami ajarkan adalah cara mencuci tangan yang baik dan benar. Agar lebih mudah dimengerti, santri diajarkan menggunakan lagu yang mengandung langkah-langkah mencuci tangan yang baik dan benar,” kata Melly, Selasa (2/2/2021).

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan setiap santri memiliki edukasi yang cukup untuk menjaga kesehatannya masing-masing. Diharapkan juga santri mengerti bahwa penyebaran virus corona bisa dicegah dengan mematuhi protokol kesehatan dan pola hidup sehat. Sehingga edukasi tersebut dapat diterapkan di rumah maupun di lingkungannya. (Emha/Man).

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *