PKSM Pamekasan Kelola Sumber Benih Bersertifikat di Madura

oleh
PKSM Pamekasan Kelola Sumber Benih Bersertifikat di Madura
banner 468x60

Pena Madura, Pamekasan, 6 Juli 2022 – Keseriusan pemerintah daerah dan beberapa elemen masyarakat dalam menguatkan upaya pembangunan kehutanan di provinsi Jawa timur semakin nyata. Salah satunya seperti yang dilakukan Penyuluh Kehutanan Swadaya Masyarakat (PKSM) Arek Lancor yang berada di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, dengan merealisasikan sumber benih bersertifikat.

Tak main-main untuk upaya tersebut pihak PKSM Arek Lancor melalui bantuan Cabang Dinas Kehutanan (CDK) Provinsi Jatim wilayah Sumenep bergerak cepat. Khususnya untuk segera melakukan kerjasama dengan pihak terkait agar benih yang dimiliki bisa segera dipasarkan dengan sertifikasi resmi sesuai kebutuhan masyarakat.

banner 336x280

Kali ini, Sertifikat Sumber Benih ini untuk Tanaman Hutan jenis Akasia Auri (Acacia auriculiformis) yang berada di Desa Tebul Timur Kecamatan Pegantenan. Tak ayal jika akhirnya pada Selasa sore, sertifikat tersebut diterima oleh Abd. Azis selaku ketua Forum PKSM Arek Lancor Pamekasan.

Tak ayal jika, secara resmi prosesi penyerahan ini dilakukan, melalui Kepala Seksi Sertifikasi Tanaman Hutan pada UPT Perbenihan Tanaman Hutan, Irena Aldianoveri, SP, M.Si. lalu disaksikan oleh jajaran dinas kehutanan provinsi Jawa timur dan segenap anggota PKSM Arek Lancor yang selama ini getol mendukung pembangunan kehutanan di Madura secara swadaya dan mandiri.

“Hadir pada acara tersebut antara lain Kepala CDK Wilayah Sumenep, Pejabat eselon IV, KJF dan Penyuluh Kehutanan. Lalu juga Tim UPT Perbenihan Tanaman Hutan antara lain Kasi Sertifikasi Tanaman Hutan, Kasi Sumber Benih, dan PEH Ahli Muda dan Pihak CV. Concordia Nganjuk,” ungkap Abd. Azis pada media usai acara.

Sekedar diketahui sebelumnya setelah melakukan inventarisasi lokasi dan pohon di beberapa titik, PKSM Arek Lancor telah mengajukan Calon Sumber Benih tersebut sejak bulan Maret lalu. Kemudian, penyerahan sertifikat tersebut dilakukan pada acara Pertemuan Kerja Sama Kemitraan antara PKSM Arek Lancor Pamekasan dengan CV. Concordia Nganjuk yang dilaksanakan di Sekretariat PKSM Arek Lancor, yaitu di Desa Pakong Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan.

“Dengan demikian, PKSM Arek Lancor secara resmi telah menjadi pengelola sumber benih tanaman hutan jenis akasia satu-satunya di Madura,” tandasnya Rabu pagi.

Nah, keuntungan yang bisa didapatkan oleh segenap pengurus dan anggota PKSM tersebut, yakni berhak untuk melakukan kerja sama kemitraan. Terutama dengan berbagai pengusaha pengedar benih dan bibit yang ada di Jawa Timur untuk pengadaan dan pemenuhan kebutuhan benih tersebut dalam berbagai program yang dilakukan kedepannya. (Yud/Emha).

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *