oleh

Manuskrip Kuno di Kabupaten Pamekasan Mulai Diinventarisasi Disdikbud

Manuskrip Kuno di Kabupaten Pamekasan Mulai Diinventarisasi Disdikbud

Pena Madura, Pamekasan, 23 Maret 2022 – Dalam rangka pelestarian cagar budaya, Pemerintah Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur mulai melakukan inventarisasi manuskrip kuno. Kegiatan itu dilakukan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pamekasan dengan mendatangi berbagai tempat bersejarah.

Kepala Bidang Kebudayaan Disdikbud Kabupaten Pamekasan, Akhmad Zaini menjelaskan, hal ini dijalankan mulai Selasa pagi ke beberapa tempat bersejarah dan pihak penyimpan manuskrip kuno di Kabupaten Pamekasan.

Pihaknya bersama Kasi dibidang tersebut serta tim khusus melakukan Survei Naskah Kuno atau Manuskrip di Padepokan Raden Umro PP. Sumber Anyar, kecamatan Tlanakan, yang langsung ditemui oleh Kyai Habiburrahman.

“Maksud dan tujuan dari tim datang ke Padepokan ini ingin melihat langsung koleksi manuskrip yang menjadi koleksi di pesantren ini,” ungkap Kadis Dikbud Pamekasan Akhmad Zaini, Rabu (23/3/2022).

Memang sebagaimana diketahui, keberadaan Padepokan Raden Umro ini sangat krusial dan cukup berarti. Sebab hingga kini memiliki koleksi Manuskrip yang cukup banyak dan usianya sudah ratusan tahun.

“Sudah cukup banyak para Akademisi dari luar Madura yang berkunjung ke padepokan ini sekadar untuk melihat, wisata edukasi,” ujarnya pada media.

Nah, bahkan banyak pihak telah melakukan penelitian terhadap Manuskrip yang berada di tempat ini. Tak ayal jika dalam kesempatan itu tim juga melakukan inventarisasi dan pembinaan di tempat jujukan budaya dan literasi kuno Bumi Gerbang Salam tersebut.

“Semoga Koleksi yang terbilang langka ini bisa tetap terjaga karena Manuskrip merupakan bagian dari cagar budaya,” tandasnya. (Yud/Emha).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed