oleh

Lestarikan Ikan Darat, Bupati Sumenep Lepas 25 Ribu Ikan di Embung Montorna

Pena Madura, Sumenep, 29 Maret 2022 – Bupati Sumenep, Madura, Jawa Timur, didampingi Kepala Dinas Perikanan dan Jajaran Forpimka Pasongsongan menggelar penaburan benih ikan di embung Montorna Desa Montorna. Selasa, 29 Maret 2022.

Sedikitnya ada 25 ribu benih ikan yang dipasang di embung Montorna untuk melestarikan dan membudidayakan ikan darat.

Bahkan nantinya, Bupati Ra (Lora) Achmad Fauzi menargetkan keberadaan Embung Montorna akan disupport sejumlah OPD untuk mengembangkan potensi Embung, selain untuk memenuhi kebutuhan air bersih dan mengairi 20 hektar sawah petani setempat.

“Embung ini ada potensi besar, daya tampungnya 37 ribu kubik. Embung ini tidak bisa berdiri sendiri, harus disupport sejumlah OPD baik Dinas Perikanan, DLH, termasuk Disbudporapar, karena ada potensi wisatanya, pemandangannya bagus,” kata Bupati Achmad Fauzi.

Khusus menggarap potensi wisata, orang nomor satu di lingkungan Pemkab Sumenep tersebut akan menggelontorkan bantuan keuangan Rp200 juta untuk dikelola Bumdes.

“Pemerintah Kabupaten akan mensupport, mulai dari sarana jalan termasuk bantuan keuangan desa, nanti akan diserahkan ke Bumdes agar dikelola, tujuannya akan berdampak terhadap perekonomian masyarakat Montorna,” tegasnya.

Suami Nia Kurnia ini juga menyarankan Pemerintah Desa untuk lebih kreatif menggarap potensi yang ada, dengan belajar ke daerah lain yang sekiranya bisa diterapkan di sekitar Embung.

“Pak Kades tinggal melihat referensi beberapa daerah yang ada Embungnya, diapakan di sana, jadi potensi ini harus diseriusi,” sebutnya.

Selain itu, politisi muda PDI Perjuangan tersebut menambahkan, akses jalan utama sekitar 3 kilometer yang rusak menuju Embung akan diperbaiki.

“Jalan desa ini silakan diserahkan ke Daerah agar bisa dibangun, Embugnya sudah bagus, jalannya harus bagus juga,” tandasnya. (Emha/Man).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed