Komunitas Sepeda Onthel Lakukan Parade Kemerdekaan HUT RI Ke-75

oleh
Ratusan sepeda onthel berbagai jenis saat mengikuti parade kemerdakaan ke 75 Kosti Sumenep
banner 468x60

Pena Madura, Sumenep, 17 Agustus 2020 – Ada banyak cara yang dilakukan rakyat Indonesia dalam mengisi peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesi ke 75 tahun. Seperti yang dilakukan komunitas sepeda onthel di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, yang melakukan parade kemerdekaan.

Ratusan sepeda onthel yang tergabung dalam Komunitas Sepeda Tua indonesia (KOSTI) Kabupaten Sumenep itu berpawai keliling Kota Sumenep. Berbagai sepeda onthel tua, unik yang memiliki nilai sejarah
dihadirkan lengkap dengan berbagai aksesoris original khas zaman kemerdekaan tempo dulu.

banner 336x280

Anggota komunitas itu tak lupa menggunakan pakaian ala pejuang kemerdekaan, prajurit hingga berbagai baju khas di yang ada di wilayah Indonesia. Pakaian yang digunakan itu menunjukkan nilai kebhinnekaan di negeri yang sedang berumur 75 tahun ini.

Ketua KOSTI Sumenep, Kholis menjelaskan, prajurit onthel yang ikut dalam parade kemerdekaan kali ini sekitar 200 orang. Mereka berasal dari berbagai komunitas yang ada di Sumenep.

“Parade ini tidak lain untuk menggugah rasa kebanggaan rakyat khususnya di Sumenep terhadap nilai-nilai kemerdekaan Indonesia. Kami sengaja menggunakan sepeda tua yang punya banyak nilai perjuangan ini agar semangat kebangsaan tetap tumbuh dan berkembang,” katanya, Senin (17/8/2020).

Lebih lanjut ia menjelaskan jika kegiatan itu sudah merupakan yang ketiga kalinya. Selain parade komunitas ini juga melaksanakan upacara kemerdekaan di Desa Pamolokan.

“Kami akan start dari Taman Tajamara, Kolor. Melewati jalan trunojoyo melintasi Masjid Jamik Sumenep. Finisnya nanti di Pamolokan dannupacara di SDN III,” terangnya. (Emha/Man).

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *