Jelang Ramadhan Sejumlah Harga Ayam Mulai Merangkak Naik

oleh
banner 468x60

Penamadura, Sumenep 11 April 2021 – Menjelang Ramadhan sejumlah harga kebutuhan pokok sehari-hari mulai merangkak naik di sejumlah daerah, di Pasar Anom baru Sumenep harga ayam potong tembus Rp.45000/kg dan ayam kampong Rp. 90.000/ kg.

Kenaikan harga daging ayam terjadi sejak sepekan terakhir naik secara bertahap, harga ayam potong awalnya Rp. 28.000 hingga akhirnya sekarang H-2 Ramadlan tembus Rp. 45.000, sedangkan ayam kampong dari awalnya Rp. 70.000 sekarang sudah di angka Rp. 90.000/kg.

banner 336x280

Naiknya harga kebutuhan sehari-hari menjelang Ramadhan sudah menjadi rutinitas setiap tahun, namun konsumen tetap berharap Pemerintah turun tagan dan bisa menstabilkan harga, apalagi saat ini kondisi ekonomi sedang sulit karena pandemic covid-19 dan juga menghadapi bulan Puasa.

“sekarang naik semua harga ayam empat puluh lima ribu biasanya cuma tiga lapan, cabe naik juga, iya gimana ya kami pasti mengeluh semuanya mahal cari uang sulit sekarang,” kata Sri, salah satu konsumen di Pasar Anom Baru Sumenep, Ahad (11/04/2021).

Para pedagang mengaku kenaikan harga daging ayam karena harga dari peternak juga naik, sebelumnya ayam potong biasanya Rp. 14.000/kg, sekarang Rp. 28.000/kg, sehingga para pedagang juga terpaksa harus menyesuaikan dengan menaikkan harga.

“kenaikan harga ayam biasanya cuma tiga dua ribu perkilo sekarang empat lima perkilo, di perternak pedagang biasanya ngambil Sembilan belas ribu perkilo, sekarang dua lapan perkilo, ayam kampung biasanya tujuh lima sekarang sembilan puluh perkilo soalnya ini menjelang bulan puasa,” kata Hj. Arwani, Pedagang.

Kenaikan harga daging ayam diperkirakan terus akan terjadi hingga memasuki puasa nanti, kondisi ini menjadi keluhan para konsumen, karena tidak hanya daging ayam yang mengalami kenaikan tapi beberapa komuditas kebutuhan sehari-hari juga naik seperti bumbu dapur, kondisi ini diharapkan menjadi perhatian pemerintah agar turun tangan menstabilkan harga.(Man/Emha)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *