oleh

Gubernur Jawa Timur Hadiri Bhakti Kesehatan TNI AL

Pena Madura, Sumenep, 22 Juni 2022 – Dalam rangka memberikan kemanfaatan kepada masyarakat, TNI Angkatan Laut Koarmada II Surabaya, melakukan pelayaran kebangsaan dan bahari di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur.

Kegiatan yang digelar di Pantai Slopeng pada Selasa, 22 Juni 2022 itu diisi dengan bhakti kesehatan dan bhakti sosial dari prajurit TNI AL. Berbagai layanan kesehatan gratis diberikan kepada masyarakat, mulai dari sunatan massal, donor darah hingga pemeriksaan gigi.

Kegiatan itu dihadiri Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, serta Kepala Staf Koarmada II Laksda Rahmad Jayadi. Hadir pula Bupati Sumenep Achmad Fauzi, Wakil Bupati Dewi Khalifah dan pejabat penting lain.

Kegiatan itu berkat kolaborasi berbagai pihak diinisiasi Koarmada II dengan FKG UHT dan FKG Unair itu berlangsung meriah. Terdiri dari penyaluran bantuan sosial, bedah rumah, pemeriksaan kesehatan, donor darah hingga sunatan massal.

“Ini payungnya adalah pelayaran kebangsaan, atas nama cinta bangsa kami membangun strong partnerahip berupa baksos,” terangnya.

Inisiator kegiatan tersebut adalah Koarmada II bersinergi dengan FKG UHT dan FKG Unair. Pemerintah Provinsi bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) turut serta membangun sinergi tersebut.

“Baznas memberikan support yang cukup substantif dengan harapan dapat mengurangi stunting di sejumlah daerah, termasuk di Kabupaten Sumenep,” sebutnya.

Sosialisasi kesehatan menjadi paket dari acara bakti sosial yang digelar di ujung timur pulau garam tersebut.

Lifestyle masyarakat, kata mantan Mensos RI ini, menjadi penting untuk menekan angka stunting, di wilayah (pantai) Slopeng banyak ikan, bagaimana bisa dikonsumsi secara rutin oleh masyarakat.

“Kalau punya akses sumber ikan yang sehat, maka pastikan prioritas itu untuk ibu hamil agar terlahir menjadi generasi yang sehat, termasuk untuk bayi balita,” pesannya.

Sosialisasi kesehatan turut dihadirkan, berupa pelayanan kesehatan gigi dan mulut, donor darah termasuk khitan massal.

“Tim FKG dua universitas ini seiring dengan semangat anak-anak SD, mereka tampak antusias mengikuti pelayanan yang disediakan,” jelasnya.

Selain itu, Baznas juga menyalurkan bantuan untuk para pengusaha ultra mikro, berupa zakat produktif. Termasuk pemberian bantuan rumah layak huni.

“Tujuan zakat produktif ini, sedapat mungkin agar masyarakat tidak terjerat rentenir, harapan kami begitu. Termasuk bantuan Rutilahu (rumah tinggal layak huni) ini perlu ditindak lanjuti,” tegasnya. (Emha/Man).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed