Gelar Simposium Peradaban, Cara dan Kepekaan NU Merawat NKRI

oleh
Kiai D Zawawi Imron, Budayawan Nasional
banner 468x60

Pena Madura, Sumenep, 4 Maret 2022 – Nahdlatul Ulama (NU) akan menggelar kegiatan Simposium Peradaban di Keraton Sumenep, pada hari Sabtu, 5 Maret 2022 besok.

Kegitan itu akan dihadiri langsung oleh Ketua Umum PBNU, KH Yahya Cholil Staquf, Ketua PWNU Jawa Timur, KH Marzuki Musytamar, KH Azaim Ibrohimy, para ulama dan tokoh se Indonesia.

banner 336x280

Budayawan Madura, Kiai D Zawawi Imron menyambut baik kegiatan itu. Menurutnya, Simposium peradaban merupakan kepekaan dan cara NU merawat kemajuan agar sesuai dengan nilai-nilai bangsa ini.

“Nahdlatul Ulama peka bahwa kemajuan di negeri ini tidak melenceng dan sesuai dengan nilai-nilai Pancasila,” katanya saat ditemui dalam acara peresmian Puskesmas Legung, Kecamatan Batang-batang, Kabupaten Sumenep, Jumat (4/3/2022).

Penyair yang berjuluk “Si Clurit Emas itu mengaku antusias menjadi pengisi acara tersebut. Dalam kegiatan itu para tokoh NU akan bertemu dalam rangka merawat, menjaga dan merevitalisasi arah bangsa ini.

“Tujuannya tidak lain untuk merawat, menjaga, bukan hanya menjaga juga menghidupkan dan merevitalisasi bagaimana dialog masa lalu dan masa depan itu tidak merugikan masyarakat indonesia,” tuturnya.

Kiai yang akrab disapa Pak De itu menegaskan jika kemajuan yang terjadi di Indoneasia harus senantiasa santun sesuai dengan akhlak dan nilai-nilai Pancasila.

“Jadi mau maju bagaimanapun harus tetap santun, menjunjung persaudaraan, cinta tanah air itu tidak boleh berubah. Itu sudah menjadi perjuangan para tokoh dalam berdirinya NKRI pada 17 Agustus 1945,” tambahnya.

Maka dari itu, menurut Kiai Zawawi, NU dalam rangkaian harlahnya ke-99 dan menyongsong usia satu abad , berupaya menjaga dan merawat itu semua agar kemajuan bangsa terarah.

Budayawan asal Batang-batang Sumenep itu akan menjadi pengisi acara dalam kegiatan Simposium besok. Beliau akan menyampaikan gagasannya terkait kebudayaan NU di tengah arus industri budaya populer. (Emha/Man).

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *