oleh

Capai 586 Juta Rupiah, Bonus Atlet Porprov Jatim Belum Bisa Dicairkan Disbudporapar Sumenep

Pena Madura, Sumenep, 6 Juli 2022 – Meski perhelatan Pekan Olahraga tingkat Provinsi Jawa Timur (Porprov Jatim) VII sudah kelar, hingga kini kejelasan pencairan bonus atlet kontingen dari Kabupaten Sumenep Madura, Jawa Timur, belum jelas.

Bonus yang dijanjikan itu belum bisa dicairkan oleh Dinas Kebudayaan Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kabupaten Sumenep akibat nilainya fantastis diluar dugaan.

Sementara dana yang tersedia hingga kini belum sampai separuh dari kebutuhan yang harus dibayarkan kepada atlet dan pelatih yang berhasil membawa pulang medali.

Sesuai janji Disbudporapar Sumenep, atlet yang berlaga dalam Porprov Jatim VII, jika mampu meraih emas akan mendapatkan bonus Rp. 30 juta. Perak Rp. 20 juta dan Perunggu Rp. 10 juta.

Meski tidak mencapai target, dalam ajang pekan olahraga dua tahunan itu, atlet Kota Keris berhasil membawa pulang tujuh emas, tujuh perak dan 11 perunggu. Kabupaten Sumenep berhasil menempati peringkat 30 dari 38 kabupaten/kota se Jawa Timur.

Jika ditotal bonus yang harus dikucurkan kepada para atlet saja nominalnya mencapai Rp. 460 juta.

Selain itu ada juga bonus untuk pelatih. Dimana untuk peraih emas ada bonus Rp. 7,5 juta, perak Rp. 5 juta dan perunggu Rp. 3,5 juta. Jika ditotal dengan perolehan medali angkanya mencapai Rp. 126 juta.

Sehingga total bonus yang harus dibayarkan kepada atlet dan pelatih nominalnya mencapai Rp. 586 juta.

Kepala Disbudporapar Kabupaten Sumenep, Moh. Iksan menjelaskan, bonus untuk atlet diluar prediksi. Dana yang disiapkan untuk bonus saat ini hanya Rp. 271 juta.

“Bonus yang disiapkan itu mendadak dan diluar prediksi. Yang membanggakan melebihi yang sudah disiapkan. Jadi yang disiapkan Rp. 271 juta ternyata kebutuhannya Rp. 561 juta,” katanya, Rabu (6/7/2022) saat ditemui dikantornya.

Iksan mengaku belum bisa memastikan kapan kekurangan dana bonus atlet itu bisa dicairkan. Apakah bisa mendahului PAK atau nanti saat PAK.

“Nanti kita akan konsultasi dengan pimpinan, apakah yang sebagian kita berikan dulu atau bersama dengan cabor-cabor yang mendapat medali lainnya,” tuturnya.

Lebih lanjut, mantan Kepala Dinas Sosial itu menerangkan, nantinya penyerahan bonus pada para atlet dan pelatih peraih medali Porprov Jatim akan disiapkan waktu khusus.

Perlu diketahui, dalam perhelatan Porprov Jatim VII lalu kontingen Kabupaten Sumenep menghabiskan anggaran dua miliar rupiah.

Rinciannya, dana satu miliar digunakan saat persiapan dan satu miliar berikutnya digunakan saat pelaksanaan.

Selain itu pada tahun ini Pemkab Sumenep juga menggelontorkan hibah olahraga sebesar dua miliar rupiah. Dana hibah itu diberikan kepada KONI dan beberapa cabang olahraga. (Emha/Man).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed