oleh

Batik On The Sea, Cara Pemkab Sumenep Promosikan Wisata dan Budaya

Pena Madura, Sumenep, 27 Juli 2019 – Dalam rangka meningkatkan kunjungan wisata ke Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, Pemerintah Kabupaten Sumenep menggelar Batik On The Sea. Sabtu (27/07/2019).

Kegiatan yang digelar di Pantai Slopeng Kecamatan Dasuk itu, menampilkan ratusan busana batik karya designer di Jawa Timur. Tak ayal model yang memperagakan mampu memukau pengunjung yang hadir.

Batik On The Sea itu merupakan pagelaran kedua setelah pada tahun 2018 lalu digelar di pantai lombang. Kegiatan meruoakan rangkaian Program Visit Sumenep sebagai upaya pemkab memperkenalkan keindahan pantai digabungkan dengan keluhuran budaya batik.

Bupati Sumenep, A. Busyro Karim, saat hadir membuka kegiatan menerangkan, pihaknya sengaja mengadakan pagelaran batik di salah satu destinasi wisata pantai. Tujuannya agar batik sebagai warisan budaya nusantara tetap lestari, sementara destinasi wisata pantai bisa terkenal.

“Pada event ini kami undang berbagai pegiat batik, khususnya di Madura dan Jawa timur. Mulai dari pengrajin, perancang busana hingga pengusaha batik,” jelasnya.

Ia berkomitmen untuk menjadikan batik sebagai kebanggan warga Sumenep. Bahkan pihaknya mengaku sudah membiasakan siswa di Sumenep mulai ditingkat dasar untuk biasa memakai batik.

“Jadi kami harapkan kedepan batik khas Sumenep bisa bersaing dengan batik dari daerah lain, tak hanya di dalam negeri kalau bisa hingga manca negara,” harapnya.

Acara itu juga dimeriahkan dengan parade layang-layang bercorak batik. Ratusan layang-layang karya masyarakat ditampilkan menambah keindahan dan hiburan pada pengunjung.

Ada beberapa kegiatan dalam rangkaian Batik On The Sea 2019 itu, diantaranya fashion competition, pameran batik,  photography competition hingga parade layang-layang batik. (Emha/Man)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed