oleh

Aplikasi HomPIMPA, Solusi Satu Data Kesehatan ala Pemkab Sumenep

Pena Madura, Sumenep, 17 Februari 2022 – Dalam rangka meningkatkan layanan kesehatan untuk masyarakat di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Madura, Jawa Timur menyediakan aplikasi HomPIMPA.

Dengan aplikasi itu, data kesehatan masyarakat Sumenep akan tersentral menjadi satu. Sehingga memudahkan dalam hal penanganan kesehatan.

Saat ini, seluruh Puskesmas baik daratan maupun kepulauan kota keris sudah memanfaatkan HomPIMPA.

Menariknya, aplikasi HomPIMPA masih dapat berfungsi dengan baik meski di daerah yang kondisi sinyalnya lemah atau sedang mengalami gangguan, misal di kepulauan.

“Meski sinyal buruk, HomPIMPA masih berfungsi, dapat menyimpan data di sistem internal kami, data otomatis bisa diakses jika jaringannya sudah normal,” terang Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan KB Kabupaten Sumenep, Agus Mulyono. Kamis, 17 Februari 2022.

Data terintegrasi tersebut dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Sumenep secara real time.

Catatan kesehatan ini, lanjut Agus, bisa terhubung di semua sarana, termasuk data BPJS secara nasional. Dapat diakses di seluruh puskesmas, pun juga di data induk.

“Manfaat nyata yang dapat dirasakan masyarakat, jika mereka berasal dari kepulauan misalnya, kemudian sakit saat berada di daratan maka bisa langsung datang ke puskesmas terdekat. Catatan kesehatan yang bersangkutan langsung bisa diakses real time, catatan pengobatan, catatan alergi, riwayat pengobatan termasuk riwayat pemeriksaan dapat diakses berbagi antar sarana kesehatan, tidak mengulang periksa dari awal, karena aksesnya pakai NIK,” ulasnya.

Bahkan, pihaknya juga menjamin keamanan data pasien, backup datanya pun dipastikan berlapis.

“Sudah kami antisipasi, data pasien dipastikan aman, karena yang bisa mengakses kan dokter yang merawat dan pasiennya saja,” tegasnya.

Untuk diketahui, HomPIMPA sendiri merupakan singkatan dari Health Indicator Modules with Appropriate Integrated Methods for Proper Access of Health Information, yang dalam bahasa Indonesia memiliki arti Metode Indikator Kesehatan dengan Metode Terintegrasi Tepat Guna untuk Akses Memadai Informasi Kesehatan, dan ini satu satunya di Madura.

Terobosan inovasi bidang kesehatan Kabupaten Sumenep ini merupakan perwujudan pengembangan Health Center Information System (HCIS) dalam Smart Regency yang dilaunching pada 17 Agustus 2021 lalu.

HomPIMPA kemudian dipayungi Peraturan Bupati (Perbup) per 1 November 2021 tentang satu data kesehatan Kabupaten Sumenep.

Data dan Informasi terintegrasi sarana pelayanan kesehatan disajikan terperinci menurut indikator terpilih memberi ruang bagi seluruh pemangku kepentingan memperoleh gambaran informatif, berinteraksi, memantau dan menganalisa perkembangan pelayanan bahkan capaian kesehatan terkini. (Emha/Man).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed