Antisipasi Dampak El-Nino di Sumenep, Bupati Fauzi Pastikan Stok Pangan Aman

oleh
Antisipasi Dampak El-Nino di Sumenep, Bupati Fauzi Pastikan Stok Pangan Aman
banner 468x60

Pena Madura, Sumenep 15 September 2023 – Untuk mengantisipasi dampak el-Nino di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, Pemerintah Kabupaten Sumenep akan memastikan stok pangan aman.

Hal itu disampaikan Bupati Sumenep, H. Achmad Fauzi Wongsojudo sebagai langkah dini mengantisipasi krisis pangan akibat musim kemarau yang berkepanjangan.

banner 336x280

Bahkan Bupati Fauzi mengaku memberikan instruksi khusus kepada dinas terkait untuk rutin turun memastikan stok pangan dan air di masyarakat tercukupi.

“Perubahan iklim pada saat musim panas ini berdampak pada banyak hal,seperti kekurangan air hingga pertanian gagal panen,” katanya, Jum’at (15/9/2023).

Maka dari itu pihaknya sudah mengambil beberapa langkah mengantisipasi el-nino. Pertama menjaga stok pangan supaya tetap terjaga dengan baik. Kedua, Pemkab Sumenep memastikan petani supaya tidak gagal panen, dan ketiga, menjaga kebutuhan air.

“Kita harus memperhatikan kebutuhan air bagi daerah-daerah yang kekurangan air. Setiap waktu kami akan memantau mana daerah yang kekurangan air akan kita kirim,” suami Nia Kurnia itu menjelaskan.

Selain itu, Politis PDIP tersebut mengaku telah melakukan pemetaan dimana saja daerah yang terdampak dengan el-nino yang berpotensi terjadi kekeringan serta kekurangan air.

“Saya instruksikan OPD terkait untuk secara bersama-sama menghadapi dampak el-nino di Kabupaten Sumenep,” tandasnya.

Menghadapi el-nino ini, menurut Bupati Fauzi diperlukan keterlibatan seluruh OPD terkait. Kami minta dinas pertanian untuk memantau supaya petani tidak gagal panen. BPBD dan Dinsos rutin turun memastikan stok pangan aman dan mempersiapkan ketersediaan air. (Red/Emha/Man)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *