oleh

Warga Pabian Sumenep Gelar Upacara HUT RI Ke-73 Di Sungai

PenaMadura, Sumenep 17 Agustus 2018 – Puluhan warga Desa Pabian Kecamatan Kota Sumenep, Madura Jawa timur, menggelar upacara hari ulang tahun Kemerdekaan ke-73 RI di tengah sungai, aksi nekat warga Pabian ini menjadi tontonan warga.

Biasanya Upacara Bendera di lakukan di tempat lapangan kering dengan menggunakan sepatu, namun lain halnya dengan upacara yang di lakukan puluhan warga Pabian Kecamatan Kota Sumenep, mereka justru menggelar Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-73 di tengah sungai yang sangat kotor.

Para peserta upacara laki-laki yang menggunakan seragam hitam putih. Langsung nyebur ke sungai tanpa menggunakan sepatu, sedangkan peserta perempuan hanya beridi di bibir sungai dengan pakaian seadanya.

Tokoh masyarakat Pabian, Ilham, mengaku pihaknya bersama warga ingin melalui upacara kemerdekaan tersebut mengajak semua warga agar mengenang jasa para pahlawan kita yang gugur merebut kemerdekaan negara ini dengan mengisi kemerdekan dengan hal-hal yang positif.

“kita ingin mengajak warga untuk mengisi kemerdekaan ini dengan sesuatu yang positif termasuk melakukan upacara” kata Ilham, tokoh masyarakat pabian, jum’ah (17/08/2018).

Ilham, menjelaskan pihaknya sengaja menggelar upacara kemerdekaan ini dengan menggunakan sungai yang ada di depan rumah mereka, karena warga pabian memang tidak punya lapangan untuk melaksanakan upacara.

“Kami di pabian ini memang tidak punya tempat untuk melaksanakan upacara sehingga kami laksanakan di sungai ini” kata Ilham, menambahkan.

Sejumlah peserta ibu-ibu bahkan membawa serta anak balita mereka yang di gendong untuk bersama-sama mengikuti upacara hari ulang tahun kemerdekaan RI ke 73 di dalam Sungai Desa setempat.Man/EMha

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed