oleh

Sepekan Pasca Gempa Bumi Magnitudo 6,4, Bupati Sumenep Kunjungi Pulau Sapudi Sumenep

Penamadura.com, Sumenep 18 Oktober 2018 – Sepekan Pasca kejadian gempa bumi di Pulau Sapudi Kabupaten Sumenep, Madura Jawa timur, Bupati Sumenep, KH. Busro Karim, akhirnya turun melihat langsung kondisi kerusakan dan memberikan bantuan kepada para korban.

Pasca kejadian gempa bumi magnitudo 6,4 di Pulau Sapudi, telah mengakibatkan kerusakan bangunan rumah warga sebanyak 691 rumah rusak, dengan rincian 395 unit rusak ringan, 184 unit rusak sedang, dan 112 rusak berat, masjid dan musallah 2 unit, PAUD 2 unit, dan MI dan madrasah 3 unit.

Beberapa saat setelah gempa bumi mengguncang Pulau Sapudi pada hari kamis (11/10/18) Sukarwo, (Gubernur Jatim), Irjen Polisi Luky Hermawan, (Kapolda Jatim) dan Pangdan V Brawijaya Mayjen TNI Arif Rahman, langsung turun ke lokasi melihat kondisi di Pulau Sapudi pasca terjadinya gempa, Gubernur Sukarwo juga berjanji menanggung semua perawatan korban luka, memberikan santunan terhadap 3 korban meninggal dunia dan memperbaiki semua rumah rusak akibat gempa.

Sementara Kapolda Jatim, Irjen Pol Luky Hermawan, dan Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Arif Rahman, langsung menurunkan ratusan personelnya untuk membantu evakuasi dan pemulihan korban gempa termasuk membantu penanganan korban yang mengalami luka-luka.

Menteri Sosial RI, Agus Gumiwang Kartasasmita mengunjungi Pulau Sapudi, Kabupaten Sumenep, Provinsi Jawa Timur, Kamis sore (11/10/18).

Siaran pers dari  Biro Hubungan Masyarakat Kementerian Sosial RI, menjelaskan kedatangan Menteri  untuk menemui korban luka-luka di Puskesmas Gayam, mengunjungi warga dilokasi terdampak gempa, dan menyerahkan santunan kepada ahli waris 3 korban meninggal.

“Mewakili pemerintah pusat saya mengucapkan turut berduka cita atas bencana gempa bumi yang terjadi dini hari kamis (11/10). Kepada keluarga korban meninggal semoga diberikan kekuatan dan ketabahan. Dan kepada 24 warga mengalami luka-luka semoga segera pulih,” kata Menteri usai mengunjungi korban luka-luka di Puskesmas Gayam.

Mensos juga menyerahkan bantuan berupa 20 tenda gulung, 50 velbed, 60 selimut, 60 paket sandang, 20 kasur, 20 foodware, dan enam tenda keluarga.

Pada hari yang sama kamis (11/10/18) Ahmad Fauzi, Wakil Bupati Sumenep langsung berlayar ke Pulau Sapudi untuk melihat dampak yang terjadi akibat gempa bumi tersebut, orang nomor 2 di Kabupaten sumenep tersebut bahkan sempat bermalam merasa ikut prihatin atas kajdian tersebut.

Dan pada hari ini Kamis (18/10/18) atau sepekan pasca kejadian gempa bumi di Pulau Sapudi, KH. Busro Karim, turun bersama sejumlah pihak dari BUMN dan BUMD untuk menyerahkan sejumlah bantuan untuk para korban dan bantuan material untuk pemulihan pembangunan di Pulau Sapudi.

Sulitnya transportasi dilapangan yang membuat penyaluran bantuan kepada para korban menjadi tersendat direspon langsung oleh Bupati Sumenep dengan mengirimkan sejumlah mobil Pickup untuk digunakan selama proses pemulihan dan pembangunan berlangsung di Pulau Sapudi.Man/Emha

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed