oleh

Seorang Penumpang KM Dharma Kartika Ra’as – Jangkar “Pingsan” di Duga Over Kapasitas

Pena Madura, Sumenep 22 Juni 2019 – Penumpang Kapal ferry KM. Dharma Kartika membludak dari Pelabuhan Ra’as tujuan Jangkar Situbondo, bahkan salah seorang penumpang di duga pingsan saat dalam perjalanan karena penumpang di dalam terlalu sesak.

Menurut penuturan salah satu penumpang, Akram (45), jumlah penumpang di duga melebihi kapasitas, karena di dalam kapal nyaris tidak ada ruang kosong sama sekali karena banyaknya penumpang, di lorong-lorong kapal, di tangga bahkan sebagian penumpang tidur di atas sepeda motor.

Akibat terlalu banyaknya penumpang tersebut, seorang penumpang bernama Hartini (20) warga Pulau Ra’as pingsan di dalam kamar kapal, sehingga oleh penumpang lainnya korban di keluarkan dari dalam kamar untuk mendapatkan udara.

“Korban itu pingsan karena penumpang sesak didalam kapal sehingga ruangan itu panas,” kata Akram, Penumpang (22/06/2019).

Dharma Kartika bertolak dari Pelabuhan Ra’as tujuan Jangkar Situbondo pada jum’at (21/06) pukul 15.00. wib dan tiba di Jangkar sekitar pukul 21.00.wib. dengan mengangkut penumpang sekitar 400 orang.

“Penumpangnya itu sekitar 400an ada itu soalnya saya mau ke kamar kecil saja tidak bisa lewat karena orang di lorong-lorong itu ful,” terang Akram.

Sementara itu, Rahman Manager Dwipa Utama, mengatakan jumlah penumpang memang di atas rata-rata hari normal, kalau kondisi normal penumpang kisaran 100-150 orang, namun akhir-akhir ini sejak pasca lebaran kemaren terjadi kepadatan penumpang.

“tentative mas tapi memang di atas rata-rata hari normal kemaren 359 penumpang,” kata Rahman.

Terkait adanya insiden penumpang yang pingsan di dalam kapal yang di duga karena penumpang terlalu banyak, menurutnya kejadian itu karena mabuk laut saja karena cuaca beberapa hari terakhir ini kurang bagus.

“Iya, mungkin efek dari cuaca laut gak tahan mabuk laut, Penumpang lain alhamdulillah baik2 saja” terang rahman melalui pesan WA.

Sehubungan masih ada kepadatan pihak operator Dwipa Utama deviasikan kapal lainnya (Satya Kencana) untuk membantu ngangkut penumpang ke Ra’as.

Warga Pulau Ra’as pihak terkait Pemerintah Daerah dan Provinsi jawa timur segera menambah armada kapal untuk melayani rute Ra’as – Jangkar dan  Ra’as Kalianget Sumenep agar kejadian Laka laut beberapa waktu lalu tidak terulang kembali.Man/Emha

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

News Feed