oleh

Sebulan Lagi Puasa Kebutuhan Dapur Mulai Merangkak Naik di Sumenep

Pena Madura, Sumenep 19 April 2018 – Meski Bulan Puasa masih tinggal sebulan lagi, namun harga sejumlah kebutuhan sehari-hari di Pasar Anom Baru Kabupaten Sumenep, Madura Jawa Timur, mulai merangkak naik seperti harga bawang merah dan bawang putih, lombok besar dan tomat.

Rahmad (40), salah satu pedagang di Pasar Anom Baru Sumenep, mengatakan kenaikan harga kemungkinan besar terus naik, karena stoknya di sumenep mulai kurang sehingga pedagang harus mendatangkan dari luar madura.

“Sekarang barang lokal mulai kurang, kalau barang kurang pedagang harus mendatangkan dari luar madura,” kata Rahmad, salah satu pedagang di Pasar Anom Baru Sumenep, kamis (19/04/2018).

Lombok besar normalnya Rp. 12.000-15.000/kg, sekarang naik mencapai Rp. 25.000-35.000/ kg, Bawang putih normal biasanya Rp. 18.000/kg, sekarang naik mencapai Rp. 25.000-26.000/ kg. Bawang merah mormal biasanya Rp. 25.000-30.000/kg, sekarang naik mencapai Rp. 35.000/kg. Sedangkan tomat biasanya Rp. 3000/kg, sekarang naik menjadi Rp. 7000/kg.

“Kemungkinan sampai bulan puasa nanti harganya naik lagi,” kata Rahmad, menambahkan.

Para kornsumen sangat berharap kepada pemerintah agar segera mengambil langkah untuk mengantisipasi melonjaknya harga kebutuhan sehari-hari hingga puasa dan menjelang lebaran nanti sebagaimana yang selulu terjadi setiap tahun.

“Kalau harga terus naik masyarakat kecil menjerit nanti karna tidak mampu beli, saya berharap pemerintah jangan di kasih naik terlalu tinggi kasian masyarakat,” kata M. Yasin, salah satu konsumen di Pasar Anom Baru Sumenep.

Pemerintah Kabupaten Sumenep, melalui dinas terkait yaitu disnas perindustrian dan perdagangan biasanya selalu melakukan pemantauan perkembangan harga kebutuhan sehari-hari di sejumlah pasar tradisional di Sumenep,  namun tidak ada langkah konkrit dari pemerintah untuk mengendalikan harga, misalnya dengan menyiapkan operasi pasar dan lain sebagaimnya. (Man/ Emha).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed