oleh

Safari Politik Ke Madura, Cawapres KH. Makruf Amin Mengaku Keturunan Madura

Penamadura.com, Bangkalan 19 Oktober 2018 – Calon wakil presiden nomor 01, KH. Makruf Amin melakukan safari politik ke Bangkalan Madura, Mantan ketua MUI pusat tersebut mengaku dalam dirinya mengalir darah Madura.

Saat memberikan sambutan di Pendopo Agung Bangkalan, Cawapres Jokowi tersebut mengaku dirinya ada keturunan dari tokoh darah orang Madura, salah satu jalurnya menurut mantan ketua MUI itu ada hubungannya dengan KH Demang Plakaran, Arosbaya.

Menurutnya, KH Demang Plakaran mempunyai anak yang bernama Raden Kiai Pragalba. Setelah itu cucu beliau yang ada di Pamekasan diperistri oleh Raja Sumedang Larang yang kemudian diberi gelar Nyai Ratu Harisbaya yang diambil dari Arosbaya.

“Nah dari sanalah kemudian lahirlah embah-embah sampai ke saya, oleh karena itu saya ada darah Madura,” katanya, Jum’at (19/10/2018).

Hadir bersama keluarganya, cicit Syekh Nawawi Al Bantani itu diajak Jokowi menjadi calon wakil presiden republik Indonesia. Makruf Amin bersyukur karena Jokowi masih mengajak para ulama, kiai dan santri menjadi wakilnya.

“Beliau sebenarnya bisa saja mengambil dari kalangan politisi, profesional atau yang lain, tetapi pak Jokowi lebih memilih ulama karena kecintaannya kepada ulama dan santri,” terang Makruf Amin.

Oleh sebab itu dirinya mohon doa kepada masyarakat Bangkalan. Sebab doa ulama masih sangat diperlukan.

Sementara itu Pimpinan Pusat Ikatan Sarjana Nadlatul Ulama (ISNU) secara tegas mendukung pasangan nomor urut 01, Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 mendatang.

Penegasan dukungan dinyatakan langsung oleh Ketua PP ISNU, Ali Masykur Musa, usai melantik Pengurus Cabang (PC) ISNU Kabupaten Lamongan di Sasana Budaya dan Olahraga Universitas Islam Darul Ulum (Unisda), Kamis, 18 Oktober 2018 kemarin.

“Kita ISNU dan semua PCI, sama, ingin menyatakan satu bangsa, kita merapatkan barisan untuk Kiai Ma’ruf dalam Pemilu. Qod qomatish sholah, qod qomatish sholah.. untuk memimpin bangsa ini,” tegas Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) ISNU, Ali Masykur Musa kepada awak media.

Dukungan kepada Jokowi-Ma’ruf, juga ditegaskan Ketua ISNU Sumenep, Mohammad Husnan A Nafi’. Menurutnya KH. Makruf Amin ulama terpercaya.

“Merujuk kepada pernyataan Ketua PP ISNU, maka ISNU Sumenep bagian dari barisan itu,” kata Kiai Husnan yang ikut hadir dalam safari Politik KH. Makruf di bangkalan.

Menurut Rektor IST Annuqayah itu, Kiai Ma’ruf Amin adalah bapak ekonomi syari’ah di Indonesia. Maka cukup tepat jika satu barisan untuk Kiai Ma’ruf demi perkembangan ekonomi kerakyatan di masa-masa yang akan datang.

“Beliau juga ulama yang sangat terpercaya dan diakui secara nasional maupun internasional,” imbuhnya.(Man/Emha)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed