Pena Madura, Sumenep, Sabtu 14 Juli 2018 – Ribuan warga dari berbagai daerah, baik di Sumenep maupun luar Sumenep, menghadiri Festival Kuliner Nusantara di sepanjang jalan Trunojoyo Kota Sumenep, Madura, Jawa Timur.

Festival yang digelar Pemerintah Kabupaten Sumenep melalui Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (Dispertahorbun) setempat, menghadirkan ratusan menu kuliner nusantara, khususnya yang khas dari Kabupaten Sumenep.

Terlihat warga menyerbu stand-stand dari beberapa rumah makan, untuk mencoba menu kuliner yg mereka sajikan. Ada Kaldu Khas Sumenep, Campor Sumenep, Sate Madura hingga Kamboya, kue khas dari Pulau Kangean tersedia dalam festival ini.

“Kegiatannya Festival Kuliner Nusantara ini rangkaian dari agenda Visit Sumenep tahun 2018. Pagi tadi ada pawai kuliner yang dilanjutkan cooking demo bersama chef nasional, chef Marinka,” ujar Bambang Heriyanto, Kepala Dispertahorbun. Sabtu (14/7/2018).

Selain pawai, cooking demo dan pameran kuliner, Festival ini juga menggelar sejumlah kegiatan lain. Diantaranya lomba masak soto sabrang, lomba foto dan vlog.

Bambang menambahkan, panitia juga menggelar Fun Trip bersama ratusan biro travel dan biro hotel se Indonesia. Selain itu, panitia juga akan menggelar gala dinner bersama kementerian pariwisata.

“Tujuannya untuk mengenalkan potensi wisata Sumenep, khususnya kulinernya kepada semua pihak,” jelasnya.

Sementara itu ketua PKK Kabupaten Sumenep, Nurfitriyana, saat hadir di acara Workshop Kuliner menyampaikan terima kasih kepada panitia dan semua pihak yang terlibat dalam festival ini.

“Mudah-mudahan dari workshop ini, lahir koki-koki handal dari Sumenep,” ucap Nurfitriyana saat memberi sambutan di ratusan hadapan ratusan peserta workshop di Gedung Nasional Indonesia (GNI) Sumenep.

Selain lahir koki-koki handal, Nurfitriyana juga menginginkan Festival Kuliner yang diagendakan dua hari tersebut, mampu meningkatkan ekonomi msyarakat, khususnya ibu-ibu dalam bidang kuliner.(Emha/Man).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed