oleh

Pertunjukan Seni Sumenep Spektakuler Pukau Masyarakat

Pena Madura, Sumenep 28 November 2019 – Ribuan warga kota Sumenep, Madura, Jawa Timur, memadati pertunjukan Sumenep Spektakuler yang dipusatkan disisi timur areal Taman Bunga Potre Koneng, Kota Sumenep sejak Rabu petang (27/11/2019).

Pertunjukan sejumlah kesenian tradisional yang ditampilkan membuat rasa penasaran warga, sehingga tak heran jika warga terus berdatangan hingga larut malam sekalipun.

Pertunjukan Sumenep Spektakuler ini tidak hanya menarik minat wisatawan lokal. Beberapa pengunjung juga datang dari wisatawan mancanegara seperti Mr. Rown dari Australia, menurutnya Sumenep sangat kaya dengan budaya daerah yang bagus-bagus dan destinasi wisatanya juga sangat luar biasa.

“Sumenep memiliki budaya luar biasa dan destinasi wisatanya sangat indah seperti Pantai Lombang, Gili Labak, Pantai Sembilan dan banyak lagi,” kata Mr. Rown, saat berbincang dengan Kepala Disparbudpora, Carto, Rabu malem (27/11/2019).

Sejak dimulainya acara, penonton terus berdatangan dan melihat satu-persatu suguhan budaya yang ditampilkan, Seperti Saronen, Tari Muang Sangkal, Ludruk Sumenep, Hadrah, Samman, Karawitan, Ojung, Galundhang, Macopat, Tong-tong, dan kesenian Topeng.

Bupati Sumenep, Abuya Busyro Karim bersama rombongan sejumlah tamu dari luar Sumenep ikut serta menyaksikan sajian budaya yang ditampilkan pada malam Sumenep Spektakuler tersebut.

Carto, mengaku cukup puas dengan pertunjukan budaya sejumlah kesenian Sumenep, kemasan acara budaya ini memang sengaja digelar di jalanan agar warga dapat bebas menonton dari dekat.

“saya ingin mengajak para milenial dan pelaku seni budaya untuk terus berkarya mempertahankan budaya kita agar sumenep semakin dikenal di luar dan wisatanya makin maju,” terang Carto.

Menurut Carto, keterlibatan pemuda dalam menjaga dan melestarikan Budaya dan Kesenian yang ada sangat penting, agar mereka juga paham sejarah dan nilai-nilai filosofis, sehingga mereka juga merasa memiliki bersama.

“Mereka harus tahu, karena bisa jadi belum tahu banyak soal budaya dan seni yang berkembang sejak jaman dulu. terang Carto ringkasnya. (Man/Emha).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

News Feed