Pena Madura, Sumenep 30 Maret 2018 – Berbagai Event Besar di lakukan Pemerintah Daerah Kabupaten Sumenep, Madura Jawa Timur, dalam rangka untuk mensukseskan Visit 2018, 14 April 2018 mendatang Event bertaraf Internasional bakal kembali di gelar “Kontes Kucing”, Kucing asal Pulau Ra’as Sumenep satu-satunya ras kucing lokal asli Indonesia akan mengikuti kontes tersebut.

Kontes kucing Internasional ini akan menjadi kesempatan bagi Pemerintah Kabupaten Sumenep untuk mengangkat kucing lokal asli Sumenep yang berkembang biak di Pulau Ra’as, salah satu Kepulauan Sumenep.

“Kita akan ada diskusi khusus soal kucing asal Ra’as itu nanti,” Kata Heru, Kabid dinas peternakan Sumenep. Jum’at (30/03/2018).

Kucing ini diharapkan mendapat peluang untuk mendapat pengakuan di dunia International, oleh karena itu dalam kompetisi itu dihadirkan juri International dari Tasmania Australia dan Malaysia, yang memahami genetik kucing.

“Kucing ini mempunyai nilai dan keunikan tersendiri berbeda dengan kucing lokal pada umumnya,” kata Yulian Susanty, Panitia kontes kucing dari Cat Fancy Indonesia (CFI) yang bekerjasama dengan pemerintah Kabupaten Sumenep.

Sehingga harus ada penilaian khusus bagi kucing Ra’as atau yang lebih si kenal kucing Busok agar bisa mendapat pengakuan dan sertifikasi dari dunia internasional bahwa kucing busok itu asli ras kucing lokal Ra’as Sumenep sehingga harus ada penilaian khusus.

“Penilaian khusus pasti ada, karena kucing Raas kami pisahkan dalam kategori tersendiri, pemberian sertifikasi perlu ada pembuktian dr segi genetik,” Kata santri, sapaan akrab Yulian Susanty.

Jika sudah mendapat pengakuan Internasional dan di berikan sertifikasi, maka Kucing Busok harus di jaga dan di lindungi oleh pemerintah agar tidak punah karena banyak di buru para penggila kucing tanah air.

Kegiatan ini juga di harapkan mampu memberikan dampak positif kepada perekonomian di Sumenep dengan banyaknya tamu yang berkunjung ke Sumenep untuk menghadiri Event yang barunpertakali di gelar di ujung timur Madura. (Man/Emha).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed