oleh

Pertahankan Suasana Damai, Kesenian Lintas Suku akan Tampil Satu Panggung pada Pelangi di Sumenep

Pena Madura, Sumenep, 16 November 2018 – Demi mempertahan Suasana Damai di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, berbagai kesenian lintas suku akan tampil dalam satu panggung pada kegiatan Pelangi di Sumenep.

Kegiatan yang digagas Komunitas Jurnalis Sumenep (KJS) bersama Badan Perencanaan Daerah (Bappeda) setempat pada Sabtu malam besok (17/11/2018) itu, dipastikan akan berlangsung meriah untuk memberikan hiburan pada warga di Kabupaten Paling timur Pulau Madura tersebut.

Beberapa kesenian yang akan tampil dalam kegiatan Pelangi di Sumenep mulai Sintung, Gambus Klasik, Pamur Madura, Tari Mandar, Tari Paduppa, Seni Bela Diri Khas Bajo, hingga Barongsai.

Ketua Panitia Pelangi di Sumenep, Ainul Anwar menjelaskan, nantinya beberapa kesenian itu akan tampil secara bergiliran. “Tapi sebelum mereka tampil, nanti akan ada sepatah dua kata dari tokoh beberapa suku nusantara yang ada di Sumenep,” ujarnya.

Menurut Anwar, para tokoh itu nantinya akan diberi waktu selama beberapa menit untuk menceritakan perjalanan serta hubungan sosialnya di Kabupaten Sumenep.

Selain penampilan beberapa kesenian antar suku tersebut, menurut pria yang akrab disapa Aan ini, kegiatan Pelangi di Sumenep juga akan dimeriahkan oleh Winda Nefira, salah satu artis lokal Madura yang sedang naik daun.

“Intinya pada kegiatan kali ini kami selaku panitia ingin betul-betul menyuguhkan ‘pelangi’ untuk menghibur masyarakat Sumenep,” tambahnya.

Dalam keguatan Pelangi di Sumenep yang akan digelar di Lapangan Kesenian Sumenep (LKS) atau yang biasa dikenal dengan Lapangan Gotong Royong, juga akan ada penandatanganan nota kesepahaman (MoU) serta deklarasi damai oleh tokoh dari masing-masing suku. Hal ini diharapkan menginspirasi banyak pihak untuk terus menjaga persatuan dan kesatuan di tengah-tengah keberagaman.

Acara ini didukung oleh Pusat Inkubator Wirausaha STKIP PGRI (PIWS), PT. Garam, Air Mineral Cleo dan Radio Republik Indonesia (RRI). (Emha/Man).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed