oleh

Kekeringan di Pamekasan Melanda 78 Desa, BPBD Kerahkan 8 Armada Tangki Air

PenaMadura.com, Pamekasan 4 September 2018 – Musim kemarau sebanyak 78 Desa yang tersebar di 10 Kecamatan Kabupaten Pamekasan Madura, Jawa timur, Alami krisis air bersih, Bandan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat kerahkan 8 armada tangki air untuk membantu warga.

Kekeringan yang melanda Puluhan Desa di kota Gerbang Salam Pamekasan tersebut sudah terjadi sejak tiga bulan terakhir sejak memasuki musim kemarau dan tidak ada hujan, sejumlah sumber mata air di beberapa desa tersebut mulai mengering.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pamekasan, Akmalul Firdaus, akibat kekeringan di musim kemarau saat ini, sebanyak 312 Dusun yang tersebar di 78 Desa dan 10 Kecamatan mengalami krisi air, pihaknya mengirimkan bantuan air bersih menggunakan mobil tangki berkoordinasi dengan aparat desa setempat.

“Jumlah dusun yang mengalami kekeringan tercatat 312 di 78 desa yang tersebar di 10 kecamatan,” kata Kepala BPBD Pamekasan, Akmalul Firdaus di Pamekasan, Selasa (4/9/2018).

 Menurut Firdaus, kekeringan yang terjadi ada dua jenis, yakni kekeringan langka dan kekeringan kritis. Yang masuk kategori Kekeringan kritis, pemenuhan air di dusun itu mencapai 10 liter lebih per orang per hari, dan jarak tempuh untuk mendapatkan air bersih sejauh 3 km atau lebih.

Sedangkan kering langka, kebutuhan air di dusun itu di bawah 10 liter saja per orang, per hari dan Jarak tempuh dari rumah warga ke sumber mata air terdekat, sekitar 0,5 kilometer hingga tiga km.

“Jadi kekeringan yang terjadi terbagi dua yaitu kekeringan kritis dan kekeraingan langka” kata Firdaus, menambahkan.

Desa-desa yang mengalami kekeringan sebagian sudah mendapatkan bantuan distribusi air bersih dari Tim Reaksi Cepat BPBD Pemerintah Kabupaten Pamekasan.

Jumlah desa yang dilanda kekeringan kali ini berbeda dengan data 2017, pada tahun 2017 kekeringan terjadi di 80 desa yang tersebar di 299 dusun di 10 kecamatan di wilayah itu. sedangkan pada tahun 2018 ini jumlah desa yang mengalami kekeringan sebanyak 78 desa dengan jumlah kecamatan yang sama 10 kecamatan.

Untuk mengirim bantuan air bersih Saat ini BPBD mengoperasikan sebanyak 8 armada tangki air untuk mendistribusikan bantuan air bersih ke dusun-dusun yang mengalami kekeringan dan krisis air bersih tersebut-Man

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed