Festival Jaran Serek, Cara Pemkab Sumenep Perkenalkan dan Lestarikan Budaya Lokal

oleh
banner 468x60

Pena Madura, Sumenep 27 Mei 2023 – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Madura, Jawa Timur, terus menggenjot kegiatan pariwisata dan budaya di Kota Keris untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Salah satunya yakni Festival Jaran Serek.

Festival Jaran Serek atau Kuda menari itu digelar di Pemkab Sumenep dengan leading sektor Dinas Kebudayaan Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) setempat. Festival itu digelar Sabtu pagi, 27 Mei 2023.

banner 336x280

Festival itu sukses menyedot ribuan penonton memadati jalan protokol sepanjang rute, mulai start dari depan lapangan giling hingga finish di depan Labang Mesem Keraton Sumenep.

Festival Jaran Serek tersebut merupakan upaya Pemkab Sumenep untuk melestarikan budaya warisan leluhur, sehingga pemerintah Kabupaten Sumenep bekerja sama dengan paguyuban jaran serek menggelar festival tersebut.

Gelaran jaran serek mampu menyedot perhatian warga sumenep sehingga memadati jalanan di kota keris ini.

Tampak ratusan kuda dihias dengan aneka kostum cantik, sambil berjalan berlenggak lenggok mengikuti irama musik tradisional saronen.

Kuda-kuda itu berparade anggun layaknya model sambil menari bahkan sesekali berdiri hanya dengan menggunakan dua kaki belakang.

Bupati Sumenep, Achmad Fauzi mengatakan, Festival Jaran Serek sebagai bagian dari Kalender Event Sumenep 2023. Pada gelaran kali ini juga terdapat berbagai pertunjukan seni tradisional ditampilkan sebelum acara utama. Di antaranya Tari Gambu, Tari Topeng, dan atraksi kuda lincah.

“Insya Allah Festival Jaran Serek akan terus masuk dalam Calendar of Event Sumenep di tahun-tahun mendatang,” ucap pejabat tertinggi Kabupaten Sumenep ini.

Bupati Fauzi mengimbau masyarakat untuk terus melestarikan setiap kesenian tradisional yang ada di Sumenep, termasuk Jaran Serek, agar tetap bisa diwariskan kepada generasi mendatang.

Festival itu menjadi alternatif hiburan akhir pekan baik bagi warga Sumenep sendiri maupun pengunjung dari luar Sumenep. Suguhan pagelaran budaya itu menghipnotis ribuan pasang mata, apalagi diiringi musik saronen dan para penari cantik. (Emha/Man).

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *