oleh

Dermaga 1 Pelabuhan Kalianget Kondisinya Memprihatinkan

Pena Madura, Sumenep 04 Juni 2018 – Bertahun-tahun pelabuhan dermaga 1 kalianget kondisinya rapuh belum ada perhatian dari pihak terkait, kondisi tersebut sangat membahayakan keselamatan terutama pejalan kaki, karena sebagian fasilitas dermaga untuk pejalan kaki sudah ambruk dan bolong-bolong.

Fasilitas dermaga 1 pelabuhan kalianget untuk pejalan kaki di sisi kiri dan sisi kanan jalur tengah sudah rapuh, besi baja penyangga dan kayunya banyak yang sudah copot karena di makan usia, bahkan disisi utara kondisi jembatan miring dan mengganggung ke laut.

Sementara dermaga untuk penumpang pejalan kaki di sisi samping kapal di bagian ujung sudah patah dan jatuh ke laut, kondisi ini sebenarnya sangat membahayakan untuk keselamatan pejalan kaki, namun beberapa warga masih nekat melintas terutama warga yang suka mancing di pelabuhan.

“Sudah lama ini rusak mas itu ada yang sudah patah kena senggol kapal tongkang dulu” kata Azis, salah satu warga, Senin (04/06/2018).

Selama ini Dermaga 1 pelabuhan kalianget biasanya di gunakan untuk aktivitas kapal dharma kartika dan setyakencana milik PT. Dharma Dwi utama (DLU) yang melayani penyeberangan tujuan kalianget pulau sepudi, Ra’as dan Jangkar situbondo.

Joko Eko Sunarso, kepala lapangan PT. Dharma Dwi Utama cabang kalianget, mengatakan pihaknya sudah berkirim surat ke dinas perhubungan daerah maupun pusat terkait kondisi dermaga pelabuhan yang sudah rusak dan mengancam keselamatan jiwa penumpang tersebut namun sampai saat ini belum ada balasan.

“Kami sudah lama berkirim surat kepada dinas perhubugan kabupaten maupun pusat namun sampai sekarang belum ada balasan” kata Joko Eko Sunarso, Abk PT. Dharma Dwi Utama cabang kalianget.

Kondisi Dermaga Patah di ujung

Joko mengatakan untuk menjaga keselamatan penumpang yang berjalan kaki terpaksa menggunakan satu jalur di tengah, biasanya jalur tengah itu untuk kendaraan baik roda dua maupun roda empat, penumpang yang berjalan kaki biasanya menggunakan jalur penumpang.

“Biasanya penumpang menggunakan jalur kiri atau kanan, tapi karena kondisinya rusak sekarang pakai satu jalur tengah semua,” kata Joko, menambahkan.

Dermaga pelabuhan 1 kalianget merupakan milik dinas perhubungan (dirjend perhubungan darat), sekitar tahun 2008 lalu pernah di lakukan perbaikan, dan sejak itu sampai sekarang belum ada perbaikan atau perawatan lagi sampai kondisinya rusak dan sangat memprihatinkan. (Man/Emha)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed