oleh

Cuaca Membaik, Kapal DBS 1 akan Mulai Berlayar Besok

Pena Madura, Sumenep, Kamis 01 Februari 2018 – Setelah dua pekan tak beroperasi karena cuaca buruk, KM. Dharma Bahari Sumekar (DBS) 1, akan kembali beroperasi pada Jum’at (2/2/2018). Untuk mengantisipasi membludaknya penumpang kapal milik Pemkab Sumenep itu akan berangkat lebih awal atau pagi hari.

Direktur PT. Sumekar, Rasul Junaidi mengatakan, jadwal pemberangkatan kapal akan menyesuaikan dengan situasi di lapangan, jika penumpang banyak maka kemungkinan akan berangkat lebih awal karena khawatir membludak..

“Kemungkinan kapal akan berangkat lebih awal dari jadwal biasanya karena takut penumpang membludak nanti”, kata Rasul Junaidi, dirut PT. Sumekar, Kamis (1/2/2018).

Berdasarkan jadwal reguler, kapal DBS 1 biasanya berangkat sore pukul 19.00 WIB, itu kalau kondisi cuaca normal dan penumpang tidak terlalu banyak. Tapi karena sekarang kondisi cuaca baru membaik, biasanya penumpang banyak dan harus di antisipasi sejak dini.

Kepastian kapal akan beroperasi kembali tersebut karena berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Surabaya, Kecepatan angin di prediksi menurun sekitar 24 knots perjam dan gelombang maksimal sekitar dua meter.

“Informasi BMKG ombak sekitar dua meter dan aman untuk pelayaran”, ujarnya.

Kapal DBS 1 tersebut, adalah kapal plat merah milik Pemerintah Kabupaten Sumenep yang secara khusus melayani rute Pelabuhan kalianget-Kangean tiga kali sepekan, dan menuju pulau Sapeken satu kali dalam sepekan.

Sebagimana di beritakan sebelumnya, sejak terjadinya cuaca buruk dua pekan lalu, Syahbandar  Pelabuhan Kalianget, melarang pelayaran khususnya kapal penumpang tujuan Kepulauan Sumenep, Seperti Masalembu, Kangean dan Sapeken.

Akibatnya banyak penumpang tujuan kepulauan tertahan di pelabuhan kalianget, bahkan banyak calon penumpang mengeluh kehabisan bekal dan mereka tidak punya uang untuk beli tiket kapal kembali ke pulau, sehingga berharap pemerintah daerah bisa membantu mereka pulang.(Man/EmHa)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed