oleh

Cuaca Buruk Lagi, Pelayaran Kapal Penumpang ke Sejumlah Kepulauan Sumenep di Tunda

Penamadura.com, Sumenep 16 Januari 2019 – Cuaca di wilayah perairan Kabupaten Sumenep kembali tidak bersahabat, pelayaran ke sejumlah kepulauan di tutup olah Sahbandar Pelabuhan Kalianget, akibatnya sejumlah penumpang kembali tertahan di Pelabuhan Kalianget, Sumenep Madura Jawa timur.

Sejumlah calon penumpang yang tertahan di Pelabuhan Kalianget, mengaku baru tahu informasi terjadinya cuaca buruk setelah sampai di Pelabuhan, bahkan sejumlah penumpang sempat naik ke atas kapal kemaren (15/01), namun di turunkan lagi oleh pihak kapal karena ada berita cuaca buruk dan kapal tidak jadi berlayar.

“Kemaren sudah naik ke atas kapal tapi disuruh turun lagi karena ada berita terjadi cuaca buruk katnya,” kata Aisyah, salah satu penumpang tujuan Pulau Sapeken yang tertahan di Pelabuhan Kalianget, Rabu (16/01/019).

Sejumlah penumpang terpaksa memilih bertahan dan tidur di terminal penumpang Pelabuhan III Kalianget, mereka tidur di lantai menggunakan alas kardus bekas dan sebagian tanpa alas apapun, mereka enggan tidur di penginapan sambil menjaga barang bawaannya.

Menurut Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kalianget, Supriyanto, mengatakan berdasarkan informasi dari BMKG prakiraan cuaca sejak tanggal 14-19 Januari 2019 ketinggian gelombang mencapai 3 meter di perairan Sumenep dan Kepulauan.

“Informasi prakiraan cuaca dari BMKG Gelombang saat ini 3 meter sehingga sangat tidak aman untuk pelayaran,” kata Supriyanto, Kepala KSOP Kalianget.

Untuk menjaga keselamatan pelayaran, KSOP Kalianget meminta semua operator kapal tujuan kepualuan seperti Kangean, Sapeken dan Masalembu agar menunda jadwal pelayaran sampai kondisi cuaca membaik.

“Sementara kami himbau semua operator kapal agar menunda jadwal pelayaran bukan kami melarang,” kata Supriyanto.

Sejumlah kapal besar saat ini berlabuh di Pelabuhan Kalianget, seperti KM. Dharma Bahari Sumekar 1 dan 2, KM. Sabuk Nusantara dan Kapal Expres Bahari, semua kapal menunda jadwal pelayaran sampai kondisi cuaca membaik.Man/Emha

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed