oleh

BPBD Sumenep Inventarisir Kerusakan Rumah diterjang Puting Beliung di Muncek Timur Sumenep

Penamadura.com, Sumenep 8 November 2018 – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumenep, menginventarisasi rumah warga di Desa Muncek Timur, Kematian Lenteng, Sumenep, yang rusak akibat diterjang Angin Puting Beliung.

Abd Rahman R, Kepala BPBD Sumemep mengatakan pihaknya melakukan inventarisasi kerusakan rumah yang terkena Puting Beliung untuk mengetahui tingkat kerusakan masing-masing, tujuannya untuk memudahkan saat penyaluran bantuan nanti.

“Kami menghimbau aparat Desa dan Kecamatan untuk update foto-foto rumah rusak akibat angin puting beliung, agar nanti kami bisa usulkan untuk mendapat bantuan,” kata Abd Rahman, Kamis, (8/11/ 2018).

Menurutnya, setiap tahun Pemerintah Daerah menyediakan dana khusus untuk bantuan bencana, Nominal bantuan yang diberikan nanti disesuaikan dengan tingkat kerusakan, makanya dilakukan inventarisasi agar tidak salah.
Menurut Rahman, Sesuai Peraturan Bupati (Perbub) Nomor 35 tahun 2015, apabila kerusakannya masuk kriteria berat (RB) akan mendapat bantuan Rp 2,5 juta. Untuk kerusakan tingkat sedang (RS) Rp 1,5 juta dan untuk kerusakan ringan (RR) sebesar Rp 750 ribu. “Jadi, bantuannya berbentuk uang bukan barang,” tegasnya.

Sementara kategori rusak ringan, apabila mengalami kerusakan 30 persen, rusak sedang itu 45 persen, sedang rusak berat mencapai 75 persen.

Pada Rabu, (7/11/18) sebanyak 16 rumah di Desa Mencek Timur, Kecamatan Lenteng rusak akibat diterjang angin puting beliung saat terjadi hujan.Man/Emha

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed