oleh

Bawaslu Sumenep Temukan Ribuan DPT Ganda, KPU Langsung Keroscek ke Lapangan

PenaMadura.com, Sumenep 12 September 2018 – Menjelang rapat pleno penetapan daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2019, Bawaslu rekomendasikan KPU untuk segera memverifikasi temuan DPT Ganda yang menapai 3.337 DPT.

Ketua Bawaslu Kabupaten Sumenep, Anwar Nuris, mengatakan angka 3.337 tersebut merupakan hasil pencermatan yang di lakukan pihaknya, sebelumnya Bawaslu RI merekomendasikan temuan adanya DPT ganda mencapai 15 ribu.

“Sebelumnya data yang di rekomendasikan Bawaslu RI 15 ribu, setelah di lakukan pencermatan ada 3.337 dpt ganda” kata Anwar nuris, ketua Bawaslu Sumenep, Rabu (12/09/2018).

Hasil pencermatan yang di lakukan Bawaslu Kabupaten sumenep bersma jajarannya tersebut, kemudian di rekomendasikan kepada KPU Sumenep agar segera di lakukan verifikasi ke bawah sebelum di lakukan penetapan daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2019.

“Data 3.337 DPT Ganda tersebut kita rekomendasikan kepada KPU untuk segera di lakukan Verifikasi factual” kata Nuris, menambahkan.

Sementara komisi pemilihan umum (KPU) Kabupaten Sumenep langsung menindaklanjuti rekomendasi tersebut memerintahkan jajarannya di tingkat kecamatan untuk segera melakukan pencermatan di lapangan apakah data tersebut benar adanya atau tidak, kalau memang benar maka kpu akan segera melakukan penghapusan data yang ganda tersebut.

“Kami sudah memerintahkan kepada PPK untuk di lakukan pencermatan di lapangan apakah benar atau tidak angka DPT ganda tersebut” kata Abdul Waris, ketua KPU Sumenep.

Waris, mengaku pihaknya memang sempat mengalami kendala untuk wilayah kepulauan yang jauh karena terhambat transportasi dan komunikasi, terkadang saat menghubungi jajarannya di kepulauan kesulitan karena sinyal HP tidak ada.

“untuk kepulauan memang ada kendala transportasi dan komunikasi” kata Waris, menambhkan.

Setelah melakukan pencermatan terhadap data ganda yang di rekomendasikan oleh Bawaslu, KPU akan segera melakukan penetapan daftar pemilih tetap pemilu 2019.Man/Emha

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed