oleh

Aneh, Pengambilan Air Jamasan Di Temani Tiga Ikan Lele Raksasa Taman Sare Sumenep

Pena Madura, Sumenep 03 September 2019 – Sebuah kejadian aneh muncul saat dua Empu sedang melakukan ritual pengambilan Air Jamasan di Taman Sare Keraton Sumenep, tiga ekor ekan Lele raksasa tiba-tiba muncul dan hampir masuk kedalam kendi yang di pegang salah satu Empu.

Dua Empu yang sedang melakukan ritual pengambilan air jamasan di Taman Sare Keraton Sumenep yaitu Empu Hasyim dan Empu Sunamo, keduanya merupakan Empu keris dari Desa Aeng Tongtong yang dipercaya untuk melakukan pengambilan air tujuh sumur keramat yang akan digunakan menjamas keris pusaka keraton Sumenep pekan depan.

Setelah pembacaan dzikir dan do’a yang di pimpin Empu Hasyim selesai, selanjutnya Empu Hasyim hendak mengambil air di Taman Sare menggunakan sebuah kendi yang sudah di siapkan dengan awali menabur kembang ke Taman, dan saat kendi dicelupkan tiba-tiba tiga ekor Lele raksasa datang dan hampir masuk kedalam kendi tersebut, kejadian tersebut sontak membuat sejumlah warga yang menyaksikan terkejut.

“Awas Lelenya mau masuk pak,” teriak Deni, salah satu pengunjung Taman Sare, Selasa (03/09/2019).

Anehnya lagi ketiga Lele tersebut seperti sudah akrab dengan Empu Hasyim, sebab hingga kendi diangkat dari Taman ketiga Lele tersebut masih diam tak bergerak sama sekali, baru setelah kedua Empu jauh meninggalkan Taman, Lele tersebut beranjak ke tengah kolam berbaur dengan Ikan lainnya yang ada di Taman Sare.

Taman Sare Keraton Sumenep dulu merupakan tempat pemandian permaisuri dan putri keraton serta para dayang. Sampai saat ini, pemandian itu diyakini masih punya nilai magis.

Bahkan konon di Taman Sare ini pernah Seekor ikan lele yang tinggal kerangkanya, tiba-tiba muncul di Kolam Taman Sare, Kerangka ikan lele yang tiba-tiba muncul itu bagian kepalanya terlihat utuh berwarna merah campur putih, besar kepalanya seperti genggaman tangan orang dewasa.

Warga dan pengunjung keraton memang dilarang keras mengambil ikan dalam area Taman Sare, kecuali yang sudah ikut aliran air ke arah timur atau di luar area Taman Sare.

Kolam Taman Sare ini memang airnya jernih dan terdapat banyak ikan lele berwarna-warni, mereka akan muncul ketika diberi makan. Air di Taman Sare ini sendiri diyakini punya beberapa khasiat seperti enteng jodoh, rejeki melimpah, dan meningkatkan karir dan kepangkatan serta meningkatkan Keimanan seseorang.Man/Emha

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

News Feed